PON XX Papua 2021 Resmi Hadirkan Esports sebagai Cabang Olahraga Eksibisi

PON XX Papua 2021 Illustration Web Bisnis Muda - Image: Laman Resmi PON XX Papua

PON XX Papua 2021 Illustration Web Bisnis Muda - Image: Laman Resmi PON XX Papua

Like

Ajang olahraga yang rutin diadakan setiap 4 tahun sekali, yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON), sudah semarak digelorakan di berbagai macam pemberitaan -baik media atau publikasi lainnya.

Seharusnya, PON XX Papua ini terselenggara pada Oktober 2020. Namun, dikarenakan pandemi COVID-19 yang berkepanjangan, pesta oleharaga tersebut dengan terpaksa harus dijadwal ulang menjadi Oktober 2021.

Dengan begitu, Gelaran PON XX Papua 2021 ini pun akan dilaksanakan pada 2 – 15 Oktober 2021. Sedangkan untuk Eksibisi atau Pra – PON akan terselenggara pada 7 – 14 September dan Babak Final Pra – PON 22 – 26 September 2021.
 

ESports di PON Papua 2021

Nah, ada yang sedikit berbeda nih dari gelaran PON XX Papua 2021 ini yaitu hadirnya Esports sebagai cabang olahraga Eksibisi atau Pra – PON.

Pada Rabu (18/08/2021) saat Konferensi Pers via Daring, Sekretaris Jenderal PBeSI (Pengurus Besar Esports Indonesia) Frengky Ong menyebutkan bahwa ada tiga jenis Esports yang dipertandingkan nantinya dalam Eksibisi PON XX Papua 2021 yaitu Mobile Legends, Free Fire, dan PES 2021.

Prosesi pendaftarannya juga terbilang cukup mudah dan sangat terbuka untuk umum. Peserta cukup mendaftar dengan melampirkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau KIA (Kartu Identitas Anak) ke platform digital buatan PBeSI yaitu Garudaku.


Seperti diketahui, PBeSI (Pengurus Besar Esports Indonesia) meluncurkan Platform Digital Garudaku yang mana bertujuan untuk menjadi wadah para penggiat Esports di tanah air yang memiliki talenta luar biasa serta dapat disandingkan pada ajang perlombaan Internasional.

Dengan begitu nantinya Atlet Esports yang sudah mendaftarkan dirinya untuk Eksebisi PON XX Papua 2021 akan langsung mendapatkan pembinaan serta pemusatan latihan di Pelatnas dibawah bimbingan PBeSI.

Adapun alur pendaftaran hingga penjadwalan pertandingan Eksebisi PON XX Papua 2021 sebagai berikut:
  • Pendaftaran                             : 18 Agustus 2021.
  • Babak Kualifikasi                     : 25 Agustus – 5 September 2021.
  • Babak Lanjutan Pra – PON     : 7 September – 14 September 2021.
  • Final Pra – PON                      : 22 September – 26 September 2021.
Walaupun pada kesempatan kali ini Esports hanya dijadikan ajang pada Eksebisi PON XX Papua 2021, semoga besar harapan nantinya Esports dapat dijadikan cabang olahraga utama pada gelaran ajang yang berskala Nasional selanjutnya.

Sebab, tak dapat dipungkiri bahwa potensi dari talenta Atlet Esports di Indonesia sangatlah banyak dan berkualitas.

Nah,  Be-emers sendiri tertarik ngga untuk meramaikan Esports Eksebisi PON XX Papua 2021?

Baca Juga: 
ESports dan Para Gamers yang Cuan Hingga Lebih dari US$1 Juta!