#BuyOrBye: Mana Saham Agensi Korea Selatan yang Akan Bertahan?

Saham Agensi Korea. (Sumber: smentertainment.com)

Saham Agensi Korea. (Sumber: smentertainment.com)

Sama seperti K-pop dan K-drama, saham agensi Korea Selatan ternyata banyak mendapat perhatian. Tapi, yakin saham agensi Korea ini akan bertahan lama?

Popularnya budaya Korea Selatan di seluruh dunia turut mendongkrak kepopuleran perusahaan atau agensi tempat artis-artinya bernaung. Banyak dari agensi Korea Selatan yang go public dan menawarkan mayoritas sahamnya untuk publik.

Saham agensi Korea Selatan sangat terpengaruh oleh artis-artis yang dinaunginya. Gosip, skandal yang terjadi, dan promosi karya baru yang dilakukan dapat menaik-turunkan harga saham.

Dari sederet agensi Korea Selatan, banyak yang sudah melantai di bursa saham.
 

SM Entertainment


SM Entertainment menjadi emiten industri hiburan Korea Selatan yang pertama kali melantai di bursa saham korea atau KOSDAQ. Saham emiten ini juga menjadi saham yang paling populer.

Artis populer yang berada di bawah naungan SM Entertainment diantaranya adalah SNSD, Super Junior, Exo, Red Velvet, dan Aespa. Aktivitas artis-artis ini sangat mempengaruhi kinerja saham SM Entertainment.

Melihat dari bursa saham korea, KOSDAQ, saham SM Entertainment (15/9) di kisaran harga 64.500 won atau sekitar Rp600 ribu. Kinerjanya saham dengan kode 041510 sendiri sangat naik turun selama tahun 2022.

Data year to date (YTD) saham ini menunjukan adanya penurunan sebesar 12,36 persen. Diawali Januari pada kisaran 73.600 won, puncaknya pada 1 April 85.900 won, dan titik terendah pada 27 Januari 56.000 won.
 

YG Entertainment


YG Entertainment merupakan agensi Korea Selatan yang sudah lama berdiri, tepatnya sejak 1996. Agensi ini terkenal sebagai agensi yang menaungi artis Blackpink, Bigbang, 2NE1, PSY, Winner, dan lainnya.

Emiten industri hiburan Korea Selatan ini pertama kali melantai di bursa saham pada tahun 2011 dengan kode saham 122870. Pada tahun 2013 saham YG Entertainment masuk dalam jajaran saham blue chip.

Sayangnya, pada Mei 2021 saham ini turun klasemen sudah tidak masuk dalam jajaran blue chip. Hal ini dapat dilihat dari kinerja sahamnya.

Tercatat (16/9) harga saham YG Entertainment ada di 53.000 won. Data year to date (YTD) dari KOSDAQ menunjukan ada penurunan 6,04 persen. Titik terendahnya ada di 23 Juni pada harga 41.850 won.
 

JYP Entertainment


JYP Entertainment menjadi agensi besar Korea Selatan lain yang kepopulerannya hingga luar negeri. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1997 dan konsisten menghibur hingga saat ini.

Artis-artis terkenal yang dinaungi oleh agensi ini diantaranya Twice, 2PM, Miss A, Itzy, Stray Kids, dan lainnya. Saham JYP Entertainment sendiri diketahui berkode 035900 di KOSDAQ.

Meski cukup fluktuatif seperti saham-saham lainnya, KOSDAQ mencatat data year to date (YTD) saham JYP mengalami kenaikan yang cukup besar 21,50 persen sejak awal tahun.

Harga saham JYP saat ini berada pada kisaran 61.600 won. Sempat ada pada titik tertinnggi 64.500 won pada tanggal 11 April.
 

Big Hit Entertainment


Meski menjadi agensi yang paling muda di antara tiga agensi Korea Selatan sebelumnya, didirikan pada tahun 2005, Big Hit berhasil IPO pada tahun 2020.

Nama Big Hit mulai melambung sejak populernya artis yang dinaunginya, BTS. Kini BTS dibawah naungan Big Hit telah beraktivitas di Amerika Serikat dan mendongkrak saham Big Hit.

Meski telah didongkrak artisnya yang mendunia, saham Big Hit Entertainment yang berkode 352820 mengalami penurunan di akhir 2022.

Data year to date (YTD) dari KOSDAQ menunjukan adanya penurunan sebesar 55,78 persen sejak awal tahun. Saham Big Hit kini (16/9) berada pada 154.500 won, sedangkan titik tertingginya ada pada 350.500 di 3 Januari.

 
 
Pertanyaan 1 dari 1

Jadi, saham mana yang menurutmu akan bertahan?

Card image cap