5 Tips Hadapi CPNS 2024: Persiapan Hingga Strategi Suksesnya!

Tes CPNS akan segera dilaksanakan di akhir september hingga oktober nanti (Foto Arief Hermawan/Bisniscom)

Tes CPNS akan segera dilaksanakan di akhir september hingga oktober nanti (Foto Arief Hermawan/Bisniscom)

Like

Akhirnya di bulan September 2024 ini pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) resmi dibuka untuk umum. Mulai dari lulusan SMA, kuliah (fresh graduate), hingga orang-orang penyandang disabilitas.

Menurut data yang dilansir pada portal BKN (Badan Kepegawaian Negara) hampir lebih dari 3,9 Juta masyarakat Indonesia mendaftarkan diri pada program CPNS 2024. 

Atusiasme ini dirasakan saat masa pendaftaran dimulai dari tangga 20 Agustus sampai dengan 10 September 2024 kemarin. Mulai dari banyaknya pendaftar di website SSCASN.bkn.go.id, hingga pembelian e-materai yang membludak.

Melihat banyaknya pendaftar di tahun ini, membuat persaingannya juga semakin ketat. Sehingga diperlukannya persiapan yang matang dan mantap untuk menghadapi seleksi tes CPNS pada 16 Oktober s/d 14 November 2024 nanti.

Agar sukses dan bisa lolos ke tahap selanjutnya, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dari sekarang untuk menghadapi tes CPNS 2024.


Tips Menghadapi Tes CPNS 2024

Berikut adalah beberapa tips menghadapi tes CPNS  2024 yang bisa kamu coba:

Pelajari Materi

Sebelum kamu mengikuti tes, ketahui dulu apa saja yang nantinya akan diuji. 

Mulai dari TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensi Umum), hingga TKP (Tes Karakteristik Pribadi).

Pastikan kamu sudah mengetahui jenis-jenis tes yang akan diuji pada saat tanggal pengujian.


Atur Manajemen Waktu

Kamu harus sudah bisa menyesuaikan waktumu, karena tes CPNS memiliki waktu yang sangat terbatas. Kamu bisa mulai latihan mengerjakan soal-soal tesebut menggunakan alat set waktu (timer).

Dengan begitu kamu akan mulai tersbiasa dan teliti dengan waktu yang terbatas.


Latihan Dengan Menggunakan Komputer

Biasanya pada saat tes CPNS akan berbasis komputer (Computer Assisted Test). Kamu harus sudah mulai membiasakan penggunaan komputer.

Terutama saat mengoperasikan soal-soal yang nantinya akan diuji. Pastikan kamu mulai terbiasa dengan penggunaan komputer atau laptop.