Perbedaan Orang Hemat dan Pelit dalam Kehidupan Sosial

Hemat dan pelit adalah sebuah kebiasaan yang berbeda (Foto Freepik.com)

Hemat dan pelit adalah sebuah kebiasaan yang berbeda (Foto Freepik.com)

Like

Ketika mulai dalam perencanaan megatur keuangan, sering kali muncul dalam kepala kita istilah pelit dan hemat, walupun terdengar serupa, namun keduanya mempunyai perbedaan signifikan baik dalam konsepnya maupun dalam pengunaannya,
 
Istilah pelit, merujuk kepda sikap atau kebiasaan seseorang yang sangat menahan diri dalam segi pengeluaran, bahkan terhadap barang yang masih masuk akal dalam di belanjakan atau kebutuhan pengeluaran lainnya.

Orang pelit mereka cenderung enggan membagi atau memberi bantuan dalam segi ekonomi , padahal mereka masih mampu untuk melakukannya.

Sementara itu, hemat lebih berfokus kepada memenejeman anggaran dengan bijak tanpa megorbankan kenyamanan atau kebutuhan yang wajar, orang hemat akan mencari cara dalam meminimalkan pengeluaran tanpa kehilangan kualitas hidup,

Baca Juga: Belajar Frugal Living dari Dwi Sasono dan Widi Mulia: Hidup Hemat dan Bijak
 

Perbedaan Orang Pelit dan Orang Hemat

Perbedaan mendasar antara pelit dan hemat, terletak pada motivasi di balik tindakan mereka. Orang pelit akan cenderung membatasi diri mereka secara ekstrim demi menumpuk kekayaan atau aset.

Sementara orang hemat melihat jangka Panjang dari pengeluaran mereka, di dalam mencapai tujuan finansial yang mereka inginkan.