Merawat Kesehatan Mental di Tempat Kerja, Yuk Terapkan Tips Berikut!

Like

4. Jaga Komunikasi yang Baik dengan Rekan Kerja

Lingkungan kerja bukan hanya antra kita dan atasan tetapi juga ada rekan kerja yang terlibat. Karena itulah lingkungan kerja yang suportif sangat penting untuk menjaga kesehatan mental.

Kita harus senantiasa menjaga hubungan baik dengan rekan kerja, saling mendukung, dan jangan ragu untuk berbicara jika merasa ada masalah.
 

5. Kelola Waktu dengan Baik

Mengelola dan memanajemen waktu yang baik adalah salah satu kunci sukses dalam kehidupan. Dengan jadwal yang terdaftar dan teratur kita dapat menyelesaikan tugas dengan baik.

Baca Juga: Merawat Kesehatan Mental di Era Digital, Tips Waras Bermedia Sosial
 

6. Belajar untuk Mengatakan 'Tidak'

Atasan dan rekan kerja adalah hal penting penting tetapi semua harus profesional. Karena itulah kita harus berani berkata tidak jika diberi tugas di luar job deskripsi. Hal tersebut bisa membantu mengurangi stres dan menjaga fokus pada tanggung jawab utama.
 

7. Ambil Cuti Saat Diperlukan

Cuti adanya hak pekerja, maka dari itu ketika merasa terlalu lelah atau jenuh, jangan ragu untuk mengambil cuti. Hal tersebut bertujuan untuk mengembalikan energi dan menjaga keseimbangan mental.
 

8. Tetap Aktif secara Fisik

Ketika hari libur tiba kita bisa memanfaatkan untuk olah raga rutin. Libur bukan berarti berhenti beraktivitas tetapi kita harus tetap aktif secara fisik demi kesehatan jiwa dan raga.
 

9. Bicarakan dengan Profesional Kesehatan Mental

Ketika merasa stres atau kecemasan tidak terkendali, cobalah untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental. Jangan takut dan ragu untuk melakukan hal tersebut. Konsultasi kepada ahli bukan berati kita telah menjadi orang gila, tetapi justru karena kita masih sehat sehingga konsultasi dengan ahli yang tepat.

 

10. Praktikkan Mindfulness dan Meditasi

Latihan pernapasan adalah hal sederhana yang sangat berguna untuk menenangkan jiwa dan pikiran. Hal tersebut dapat kita lakukan sejenak, cukup luangkan waktu beberapa menit di setiap harinya.

Be-emers, sebelum mengharapkan kepedulian orang lain dan lingkungan kita bisa memulai dengan peduli terhadap diri sendiri terlebih dahulu. Hal tersebut mungkin terdengar klise tetapi begitulah dunia bekerja.

Dengan mencoba untuk menerapkan strategi-strategi di atas kita bisa lebih mudah menjaga kesehatan mental dan meraih keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Be-emers, dengan tema "Mental Health at Work" di peringatan hari kesehatan mental sedunia ini, semoga kita menjadi lebih sadar akan pentingnya menciptakan tempat kerja yang tidak hanya aman secara fisik tetapi juga mental. Salam sehat!

#Mon-FridayChallengeOktober












---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung