Akhir Pekan Seru di Bisnis Muda Day yang ke-4

Direktur Pemasaran Hery Trianto membuka acara Bisnis Muda Day 2024 (sumber gambar : dokumen pribadi)

Direktur Pemasaran Hery Trianto membuka acara Bisnis Muda Day 2024 (sumber gambar : dokumen pribadi)

Like

Akhir pekan biasanya dihabiskan dengan kegiatan santai baik bersama keluarga atau teman. Saya sering mengikuti kegiatan olahraga misalnya zumba, poundfit, cardio dance, yoga baik sendirian atau dengan teman komunitas.

Namun, ada yang berbeda dengan kemarin Sabtu tanggal 19 Oktober 2024, karena saya menghadiri acara Bisnis Muda Day 2024 di M Bloc Space Jakarta Selatan. 

Bisnis Muda Day diadakan rutin setiap tahun dan ini kedua kalinya saya ikuti setelah tahun kemarin diselenggarakan tanggal 7 Oktober 2023 di Sarinah.

Tema Bisnis Muda Day 2024 tahun ini adalah Collaborate Together dengan harapan generasi milenial dan generasi z bisa saling berkolaborasi untuk produktif menghasilkan karya atau cuan. 
 

Aland Dinda Pradana

sumber : dokumen pibadi


Acara diawali jam 13.15 di tengah cuaca yang terik dan panas, peserta yang hadir dari mahasiswa sampai ibu rumah tangga terlihat antusias.


Pembicara pertama yang mengisi talkshow ialah Aland Dinda Pradana dengan tema Eksplore Kreativitas Jadi Peluang Cuan. Di sesi ini Aland walaupun masih berusia muda  tapi memiliki semangat dan kreativitas sehingga bisa membuat konten menghasilkan uang melalui sosial media. 

Ia berbagi tips untuk bagi pemula ialah membuat personal branding apa yang ingin ditampilkan di media sosial. Setelah itu konsisten berkarya dengan menonjolkan keunikan diri sendiri sehingga memiliki karakter yang kuat.

Setelah tiga tahun membuat konten edukasi, Aland bisa mendapatkan pemasukan hingga sekarang. Tips dari Aland supaya konten cepat naik ialah pilih sound yang viral lalu bikin konten sesuai sound tersebut, buat script yang bagus dan perhatikan jam tayang yang sesuai karakter follower. 
 

sumber : dokumen pribadi

sumber : dokumen pribadi


Selanjutnya mas Didit Ahendra sebagai pembicara sesi kedua hadir dengan tema Menangkap Momen menjadi Konten Kreatif di Media Sosial. Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat siapapun bisa mengabadikan momen menggunakan ponsel pintar.

Supaya momen bisa menjadi konten yang menarik perlu ada strateginya yaitu bagaimana menggunakan angle kamera dengan tepat, mengetahui komposisi foto dan pencahayaan yang baik. Selain membuat konten foto, konten video kini sedang banyak digemari di media sosial maka perlu tahu pengambilan video supaya hasilnya optimal.

Mas Didit pun memperagakan bagaimana pengambilan video supaya stabil juga natural. Sebelum mengupload konten, pastikan kita tahu tema konten yang dibuat apakah untuk hiburan, informasi atau edukasi. 
 

sumber : dokumen pribadi

sumber : dokumen pribadi



Sesi terakhir juga menarik dan seru dengan tema Generasi Bijak Finansial, Bijak Berperilaku dan Bijak Bertraksaksi. Ada dua pembicara yang hadir yaitu kak Rista Zwestika sebagai Financial Planner  dan Fathan Fathaqi  sebagai Content & Channel Manager PT Pembiayaan Digital Indonesia.

Meningkatnya transaksi keuangan digital di Indonesia belum dibarengi dengan literasi keuangan yang baik sehingga kasus penipuan data, tingginya judi online menjadi ancaman yang perlu diwaspadai.

Mas Fathan pun berbagi tips untuk hati-hati agar tidak mudah memberikan OTP ke orang lain dan hati-hati dengan akun media sosial yang memberikan iming-iming menggiurkan. Pastikan aplikasi keuangan sudah terdaftar di OJK dan memiliki akun social media juga customer service resmi sehingga masyarakat bisa mengajukan pertanyaan atau kritik dengan benar. 

Bagi generasi milenial dan generassi z masalah keuangan yang banyak dihadapi ialah mudah tergiur tanpa berpikir panjang resikonya. Tips dari kak Rista adalah kurangi melihat akun media sosial orang lain, fokus dengan target keuangan yang udah dibuat, upgrade skill supaya bisa memiliki pemasukan tambahan. 

 

foto bersama peserta dan panitia bisnis muda day 2024

foto bersama peserta dan panitia bisnis muda day 2024


Dalam beberapa jam saya bisa menambah ilmu jadi lebih paham dari kreativitas membuat konten, membuat momen jadi konten dan mengelola keuangan agar bijak finansial.

Tidak hanya belajar dalam jeda antar sesi ada games menarik berhadiah voucher MAP, smartwatch, tumblr, powerbank dan logam mulia emas 2 gram. Hampir semua peserta berhasil menjawab pertanyaan dengan baik sehingga hadiah pun merata dibagikan oleh panitia. 

Tak terasa waktu menunjukkan pukul 18.00 tanda acara akan segera berakhir yang ditutup dengan foto bersama.

Rasanya  senang bisa berkumpul bersama dengan komunitas yang seru, bisa belajar hal inspiratif, mendapatkan hadiah dan pulang ke rumah dengan selamat. Semoga tahun depan bisa ikut berpartisipasi dalam Bisnis Muda Day 2025.