3 Tips Menggunakan Kartu Kredit Bagi Pemula Agar Tidak Boncos

Like

2. Perhatikan Annual Fee

Bagi pengguna kartu kredit pemula, istilah annual fee menjadi hal yang akan seringkali ditemui. Annual fee merupakan biaya tahunan yang harus dibayarkan pengguna. Apakah selalu ada di tiap kartu kredit? Tidak, tergantung bank yang mengeluarkan kartu kreditanya.

Biasanya, kebijakan beberapa bank, bisa sampai menghapus annual fee, loh, tentu saja dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, misalnya pengguna harus mencapai minimum batas belanja, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan menggunakan kartu kredit A sebaiknya kroscek juga kartu kredit B, cari yang paling menguntungkan pengguna tentu saja, terutama dalam annual fee dan juga denda.

Baca Juga: 5 Langkah Bijak Menggunakan Kartu Kredit Tanpa Risiko
 

3. Disiplin Pembayaran Billing

Ini menjadi poin terakhir yang penting untuk diperhatikan pengguna pemula kartu kredit, disiplin dalam melakukan pembayaran billing.

Jangan sampai menunda hanya karena malas atau alasan lainnya, tetap lakukan pembayaran saat billing sudah keluar. Kedisiplinan itu dilatih dengan menjaga konsistensi dalam setiap keadaan. 


Pentingnya 3 poin di atas yaitu mindset, annual fee dan disiplin bertujuan agar penggunaan kartu kredit tidak konsumtif dan membeli hal-hal yang tidak perlu sehingga meskipun sebagai pengguna pemula bisa lebih bijak.

Tujuan lainnya adalah untuk membangun score kredit yang baik sehingga limit yang diberikan kartu kredit semakin tinggi. Semoga bermanfaat yah, be-emers!









---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung