Berjualan di Marketplace: Kelebihan, Kekurangan, dan Strateginya

Ilustrasi berjualan melalui marketplace (Sumber gambar : Freepik.com)

Ilustrasi berjualan melalui marketplace (Sumber gambar : Freepik.com)


Be-emers, perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini memberikan kesempatan bagi para pemilik bisnis untuk mengembangkan bisnisnya.

Misalnya dari segi opsi berjualan yang saat ini didukung dengan munculnya marketplace. Mengutip dalam laman telkomsel.com, yang dimaksud marketplace adaah sebuah platform online yang mempertemukan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang dan jasa.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa marketplace yang cukup populer, bahkan sampai dengan luar negeri. Mengutip dalam laman sebuah platform data statista.com, disebutkan bahwa 3 besar marketplace terpopuler di Indonesia tahun 2024 adalah Shopee, Tokopedia dan Blibli.

Hmmm...tidak mengherankan kalau iklan ketiga marketplace tersebut wara-wiri di medsos kita. Kalau marketplace favorit Be-emers sendiri apa nih?   


Keuntungan Berjualan di Marketplace

Seorang pemilik bisnis pasti berusaha mencari strategi yang praktis sekaligus efektif dalam memasarkan produknya, marketplace merupakan pilihan tepat dalam hal ini.

Berjualan melalui marketplace memiliki banyak keuntungan.
  1. Biaya yang Relatif Lebih Hemat
  2. Media Promosi yang Cukup Efektif
  3. Menjangkau Calon Pembeli Lebih Banyak
  4. Didukung Sistem Teknologi yang Andal
 



Kekurangan Berjualan di Marketplace

Pasti Be-emers bertanya-tanya, lalu kekurangan dari marketplace apa nih? Setiap ada keuntungan pasti ada kekurangannya nih.

Nah kekurangan dari marketplace diantaranya
  1. Adanya Biaya Tambahan sehingga Laba Berkurang
  2. Persaingan yang Cukup Ketat dengan Produk Lain
  3. Sulit Melakukan Branding