Tren Bisnis Puding Susu, Dari Panna Cotta hingga Gyu Kaku yang Viral di Tiktok

Pudding Illustration - Canva

Pudding Illustration - Canva

Like

Di abad pertengahan, orang Eropa biasanya memakan daging yang dibungkus seperti sosis. Bangsa Prancis menyebutnya sebagai boudin, yang berarti puding.

Puding yang kita kenal sekarang, dulunya memang bukan disajikan sebagai dessert dengan cita rasa manis. Baru di abad ke-19, saat produksi kue dan agar-agar mulai berkembang, puding kemudian beralih haluan menjadi makanan penutup yang manis.

Puding terus berkembang dari zaman ke zaman. Beberapa tahun terakhir ini, puding susu juga mulai banyak peminatnya. Dari tanah Eropa hingga Asia, panna cotta dan gyu kaku jadi dua jenis puding susu yang ngetren banget di kalangan anak muda. Keduanya pun jadi bisnis yang bisa membawa manisnya cuan. 
 

Panna Cotta

Dikenal sebagai hidangan penutup asal Italia, panna cotta terbuat dari susu, krim, gula dan gelatin. Punya arti krim yang dimasak, panna cotta diketahui pertama kali dikenal di Langhe, Italia, pada abad ke-19.

Teksturnya yang lembut dan manis, bikin panna cotta jadi diminati banyak orang. Selain itu bahan-bahan untuk membuatnya juga mudah didapat. Berbisnis puding panna cotta juga bisa dilakukan dari rumah.

Berbekal kreativitas, hobi masak, dan bisa membaca peluang, Christabella Nanetta pun menekuni bisnis puding ini. Dengan mendirikan Crunchy Melt, dilansir dari bisnis.com, ia mengkreasikan rasa-rasa baru kayak rasa yoghurt, mocca, hingga buah durian.


Enggak cuma itu, puding panna cotta buatannya juga punya ciri khas tersendiri nih. Sesuai namanya, Nanetta membuat topping puding bertekstur lebih crunchy dengan tambahan kayak crackers, marshmallow, almond, dan sereal.

 

Panna Cotta Chrunchy Melt - Gambar: Instagram Chrunchy Melt

Panna Cotta Chrunchy Melt - Gambar: Instagram Chrunchy Melt


Selain panna cotta, ia juga menjual minuman berbahan dasar susu yang diberi nama Crunchy Drink dan aneka cookies. Untuk puding, Nanetta memilih untuk tidak menjualnya dalam jumlah satuan, melainkan per-boks yang berisi 5 rasa dengan harga Rp350 ribu.

Selain Nanetta, bisnis puding panna cotta ala rumahan ini juga menjamur di kalangan artis lho! Salah satunya adalah puding Lato.id milik artis Enzy Storia. Enggak cuma puding, dengan menyediakan tiga macam topping, Lato.id juga kini menjual selai topping yang dalam kemasan toples.

Dengan sistem pre-order, bisnis puding yang baru berjalan selama dua bulan ini selalu banyak peminatnya. Sistem pre-order juga punya keunggulan nih. Salah satunya, kamu enggak perlu khawatir kalau produk kamu enggak laku. Selain itu, perhitungan modalnya juga lebih pasti karena tergantung jumlah pesanan.

Puding Gyu Kaku

Sebenarnya Gyu Kaku merupakan nama salah satu resto daging ala Jepang. Namun, di salah satu menunya, terdapat puding susu yang punya banyak penggemar.

Nah, puding ini makin viral lewat video resep masakan rumah di media sosial Tiktok beberapa waktu lalu. Berbahan dasar susu, puding ini sebenarnya adalah custard pudding atau disebut purin dalam bahasa Jepang.

 

Purin di Resto Gyu Kaku - Gambar: Instagram Gyu Kaku

Purin di Resto Gyu Kaku - Gambar: Instagram Gyu Kaku


Purin ini bertekstur lembut dan disajikan dengan topping saus karamel yang punya sedikit rasa pahit. Meski dari Jepang, puding ini dibuat dengan bahan dasar yang mudah juga kok, kayak dari susu, telur, gula, dan ekstrak vanili. Aneka kreasi resep purin Gyu Kaku ini juga sudah mudah ditemukan di internet.

Dengan bahan yang enggak terlalu sulit dan terjangkau, puding ala Jepang ini bisa jadi peluang cuan kamu yang mau memulai bisnis kuliner rumahan.

Baca juga: Kamu Mau Mulai Bisnis Kuliner? Pelajari Dulu Strateginya Berikut Ini