Mengenal SWIFT Sebagai Asosiasi Serta Memahami Arti dan Fungsinya

Contoh swift code

Contoh swift code

Di zaman yang semakin canggih ini, transaksi keuangan yang dilakukan setiap orang juga memiliki sistem keamanan yang yang semakin ketat.

Salah satunya ialah dengan adanya kode SWIFT yang sering digunakan untuk melakukan transaksi keuangan berskala Internasional.

Berikut penjelasan mengenai arti dan fungsi kode SWIFT yang perlu diketahui.
 

Mengenal Apa Itu SWIFT

Kamu mungkin bertanya-tanya mengenai arti dan fungsi kode SWIFT. Melansir dari combinesia.web.id, SWIFT adalah singkatan dari "Society for World-wide Interbank Financial Telecommunications"  yang merupakan suatu penghubung antara ribuan lembaga sekuritas dan nasabah korporasi yang tersebar di 209 negara di dunia.

Layanan utama yang ditawarkan oleh SWIFT ini berupa keamanan dalam aspek transaksi keuangan dengan kode SWIFT, juga layanan keamanan transaksi keuangan lainnya yang diperuntukkan bagi perusahaan, seperti Global Financial Messaging, layanan keamanan perangkat lunak, layanan keamanan sistem pembayaraan core, dan masih banyak lagi.

Kantor SWIFT sendiri berpusat di La Hulpe, Belgia. Selain itu, Mereka juga memiliki beberapa kantor cabang yang tersebar di berbagai kota di Negara lainya, seperti New York, London, Australia, Brazil, Singapur, Beijing, Paris, Hong Kong, India, Kuala Lumpur dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semua layanan tersebut melibatkan teknologi canggih, sehingga benar-benar terjamin keamanannya. Bagi perusahaan yang ingin mendapatkan layanan keamanan dari SWIFT, mereka bisa langsung menghubungi kantor cabang SWIFT terdekat untuk mengajukan kerjasama lebih lanjut.
 

Arti dan Fungsi Kode SWIFT

Arti dan fungsi kode SWIFT adalah kode identifikasi berupaka kombinasi angka dan nomor unik untuk bank-bank tertentu. Setiap lembaga sekuritas, lembaga keuangan (seperti bank), serta nasabah korporasi umumnya memiliki kode SWIFT yang menjadi identitas tersebdiri.

Kode SWIFT juga dikenal dengan sebutan "Bank Identifier Code" atau yang disingkat BIC. Setiap lembaga yang terdaftar kedalam asosiasi ini tentunya akan memiliki kode SWIFT yang berbeda-beda antara satu bank dengan bank lainnya.

Fungsinya tidak lain yaitu untuk memastikan keamanan setiap transaksi keuangan yang dilakukan secara online, khususnya saat transfer uang antar bank dimana transaksi tersebut dilakukan baik dari atau menuju bank di dalam maupun luar negeri, juga transaksi kartu kredit internasional.

Dengan adanya fungsi Swift code ini, maka transaksi keuangan juga akan lebih cepat, aman dan mudah. Hal ini memang sudah tidak bisa dipungkiri, sebab kode SWIFT memiliki keamanan tingkat tinggi.

Fungsi lain dari SWIFT code yaitu dapat menekan besaran biaya, mengurangi risiko operasional saat bertransaksi, mengoptimasi serta menstandarisasi transaksi keuangan yang terjadi.