Harga BBM Naik, Ini Pilihan Mobil Listrik yang Bisa Dijadikan Kendaraan Alternatif

Mobil Listrik Indonesia. (Sumber: Canva)

Mobil Listrik Indonesia. (Sumber: Canva)

Like

Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mengalami kenaikan per Sabtu, 3 September 2022 baik BBM subsidi maupun non subsidi. Di sisi lain, pemerintah melalui PP No. 74 Tahun 2021 sudah memberikan insentif pajak untuk kendaraan listrik yang bisa jadi alternatif masyarakat.

Meski pemerintah sudah memberikan insentif pajak untuk mobil listrik, penjualan year to date (ytd) masih cenderung stagnan, kata Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Padahal dengan kondisi harga BBM dan kebutuhan pokok lain yang mengalami kenaikan, mobil listrik dapat menjadi alternatif yang tidak terdampak. Jika melakukan kalkulasi jangka panjang, kamu juga dapat menghemat budget bahan bakar.
 

Apa Saja Jenis Mobil Listrik yang Ada Di Indonesia?


Saat ini pilihan mobil listrik sudah mulai beragam di Indonesia. Melalui Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar 11-21 Agustus 2022 lalu, produsen otomotif memamerkan produk mobil listriknya.
 

1. Hyundai Ioniq 5

Dilansir dari website resmi Hyundai (hyundai.com). Hyundai Ioniq 5 merupakan mobil listrik pertama yang sepenuhnya dibuat di Indonesia.

Hyundai Ioniq 5 memiliki teknologi yang dapat menunjang pengisian daya sampai 80% hanya dalam +- 18 menit. Kamu juga dapat mengisi daya perangkat elektronikmu dalam mobil ini.

 

Harga Hyundai Ioniq 5


Hyundai Ioniq 5 dibanderol dengan harga sebesar Rp748 juta.

 

2. Toyota bZ4X (EV)

Toyota bZ4X memiliki tiga opsi pengisian daya. Level 1 dengan 120 Volt AC, level 2 dengan 240 Volt AC, dan level 3 dengan metode fast charging.

 

Harga Toyota bZ4X


Dari website resminya (toyota.com), Toyota bZ4X dapat dibeli dengan harga mulai dari $42,000

 

3. Wuling Air EV


Mobil listrik wuling ini memiliki bentuk/eksterior yang unik dan berbeda dari kebanyakan mobil yang beredar di pasaran. Mobil listrik kecil ini sudah dilengkapi dengan Wuling Indonesian Voice Command (WIND) sehingga kamu dapat menggunakan suara untuk mengoperasikan fitur yang ada.

 

Harga Wuling Air EV


Wuling Air EV dijual mulai dari Rp238 juta, dilansir dari website resmi Wuling (wuling.id)
  
 

4. BMW iX dan i4


Produsen mobil yang terkenal kelas atas ini juga memproduksi mobil listrik. Melalui dua tipe mobil yang sudah masuk ke Indonesia, BMW iX dan BMW i4, kamu bisa menjajal sensasi mengendarai mobil listrik keluaran BMW.

 

Harga BMW iX dan i4


Dari website resmi BMW Indonesia (bmw.co.id), BMW iX dan BMW i4 dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp2 miliar.

 

5. Lexus LS 500h dan UX30e


Lexus juga bermain dalam ranah mobil listrik melalui produk Lexus LS 500h dan UX30e. mobil listrik keluaran Lexus memiliki performa kecepatan maksimal 250km/jam dan kekuatan kuda sebesar 354 hp.

 

Harga Lexus LS 500h dan UX30e


Lexus LS 500h bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp3 miliar sedangkan Lexus UX30e mulai dari Rp1 miliar.  

Mobil listrik mahal? Di Indonesia mobil listrik masih termasuk dalam barang mewah, sehingga harga dan pajaknya masih cenderung tinggi.

Baca juga: Penjualan Mobil Listrik Melonjak di China & Eropa, Cuan Tesla Malah Enggak Sesuai Ekspektasi?

Punya pengalaman mengendarai mobil listrik juga? Yuk, mulai tulis pengalamanmu seputar investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, ataupun entertainment di Bisnis Muda dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.