Mana yang Lebih Cuan, Berbisnis Produk Eksklusif atau Populer?

Business Illustration - Canva

Business Illustration - Canva

Like

Produk atau barang merupakan elemen penting dalam sebuah bisnis. Ketika berbisnis, ternyata kita juga enggak bisa sembarangan dalam menentukan klasifikasi barang atau produk yang mau kita jual dan pasarkan lho.

Nah, pasti kamu sering menemukan produk yang banyak sekali ditemukan dan dijual di berbagai platform. Namun, di sisi lain, ada pula produk yang hanya bisa didapatkan di tempat tertentu dan terkadang hanya tersedia dalam jumlah yang terbatas.

Keduanya biasa dikenal juga sebagai produk populer dan eksklusif. Atau istilah kerennya sih disebut mainstream dan anti-mainstream.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), istilah populer juga merujuk pada sesuatu yang disukai orang banyak dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya. Sedangkan eksklusif mengacu pada sesuatu yang dibuat secara khusus.

Jika ditinjau dari segi konsumen dan tujuannya, berdasarkan jurnal yang diunggah Universitas Atma Jaya Yogyakarta, sebuah barang atau produk terdiri beberapa jenis seperti barang konsumen, convenience goods, shopping goods, specialty goods, dan unsought goods.


Produk yang dijual secara eksklusif masuk dalam kategori specialty goods. Soalnya barang-barang ini punya karakteristik serta identifikasi merek yang unik. Selain itu, para konsumen juga biasanya bakal bersedia melakukan banyak cara dan usaha khusus buat membeli produk tersebut.

Sementara produk populer, dapat masuk dalam jenis shopping goods. Produk jenis ini punya proses pemilihan dan pembelian yang bisa dibanding-bandingkan oleh konsumen. Jadi, misal ada produk yang serupa tapi dengan harga yang berbeda, maka konsumen bisa mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum membeli.
 

Keunggulan Produk Populer

Mencakup produk yang sudah dikenal banyak orang, bikin produk populer jadi gampang banget dijangkau oleh konsumen. Kamu pun enggak perlu takut kena marah penjual lainnya karena menjual produk yang sama.

Misalnya, pedagang buah di pasar buah kramat jati. Semua pedagang sama-sama menjual buah tanpa takut tersaingi satu sama lain.

Namun, dengan produk yang pasaran ini, artinya kamu juga harus siap menghadapi persaingan dagang yang lebih ketat. Soalnya, konsumen dapat dengan mudah berpindah ke lain hati untuk mendapatkan produk yang sama.
 

Keunggulan Produk Eksklusif

Menjadi berbeda dari yang lain, memang selalu membawa kebanggan tersendiri. Istilah one of a kind jadi pas banget menggambarkan produk eksklusif.

Produk eksklusif selalu menempatkan diri pada pasar yang enggak sembarangan. Makanya, produk jenis ini juga biasanya dibuat dengan kreativitas tinggi dan bahan yang berkualitas.

Enggak heran, meski harganya dibanderol mahal, barang eksklusif akan tetap diburu para konsumennya. Dari segi konsumen pun, akan ada rasa bangga ketika memiliki produk eksklusif ini karena produknya yang terbatas dan berkualitas tinggi.

Misalnya, produk limited edition yang dibuat oleh seorang desainer, harganya akan berbeda dengan produk yang dibuat secara massal oleh pabrik. Soalnya, desainer menggunakan kreativitasnya sebagai nilai jual produk tersebut.

Meski terkesan keren, produk eksklusif juga bisa berisiko ditiru lho. jadi, pastikan produk eksklusif kamu terjaga kualitasnya ya, agar bisa dibedakan dengan produk “KW” alias tiruan.