Ingin Membangun Usaha Franchise? Berikut Tantangan yang Harus Kamu Ketahui

(Sumber gambar: Pinterest)

(Sumber gambar: Pinterest)

Like

Franchise, atau waralaba, berasal dari kata "wara", dan "laba" memiliki arti "lebih" dan "untung".

Bisnis waralaba sendiri adalah suatu cara untuk membuka sebuah bisnis dengan menggunakan merek dagang hingga produk yang telah diproduksi oleh bisnis sebelumnya.

Meskipun bisnis franchise mungkin menarik bagi pemilik usaha dan penerima waralaba, ada beberapa masalah yang harus dihadapi.

Berikut adalah lima tantangan yang harus Anda ketahui saat menjalankan bisnis franchise.



5 Tantangan dalam Membangun Bisnis Franchise

1. Modal yang Sangat Tinggi

Jika Anda ingin menjadi mitra perusahaan yang menjual barang dan jasa yang sudah terkenal dan memiliki merek dagang yang terkenal, syarat paling utama untuk bermitra adalah menyetorkan modal awal untuk mendapatkan hak dalam menggunakan nama waralaba produk. 


Namun, untuk memulai franchise, Anda perlu modal yang cukup besar, terutama jika bisnis franchise Anda berasal dari luar negeri.

Waralaba makanan McDonald's, misalnya, membutuhkan modal utama sebesar sekitar 405 juta rupiah untuk mendapatkan izin untuk memproduksi berbagai jenis makanan selama sekitar dua puluh tahun.

Baca Juga: Starlink Elon Musk Siap Mengudara di Indonesia, Bisnis Internet Lokal Terancam Melebur?



2. Kompetitor yang Cukup Ketat

Bisnis franchise berbeda dengan jenis bisnis lainnya karena memiliki berbagai pesaing, termasuk waralaba lain dan perusahaan lain dalam industri yang sama. 

Oleh karena itu, sebagai penerima waralaba, Anda harus mampu meningkatkan kualitas produk dan layanan agar bisnis waralaba Anda tidak kalah saing. 

Meskipun bisnis franchise biasanya terkenal dan memiliki nama, itu bukan berarti Anda dapat bersantai-santai. Kepekaan terhadap peluang juga penting. Selain itu, strategi pemasaran dan layanan harus ditingkatkan.