Alasan Mengapa Banyak UMKM Gulung Tikar, Salah Satunya Kurang Digitalisasi

Digitalisasi jadi salah satu sebab banyaknya UMKM yang gulung tikar,  UMKM yang tidak mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman akan sulit untuk bersaingpexels-olly

Digitalisasi jadi salah satu sebab banyaknya UMKM yang gulung tikar, UMKM yang tidak mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman akan sulit untuk bersaingpexels-olly

Like
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sering kali menghadapi tantangan besar dalam menjaga kelangsungan bisnis mereka. Berikut adalah beberapa alasan mengapa banyak UMKM akhirnya gulung tikar:


Kurang Digitalisasi

Banyak UMKM belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung operasional dan pemasaran mereka.

Hal ini membuat mereka kalah bersaing dengan perusahaan besar yang telah memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan mencapai lebih banyak pelanggan.

Baca Juga: Penyebab UMKM Gulung Tikar, Jangan Kamu Tiru Supaya Enggak Boncos!


Persaingan dengan Perusahaan Besar

UMKM harus bersaing dengan perusahaan besar yang memiliki sumber daya dan modal yang lebih besar. Tanpa strategi yang tepat, UMKM sulit untuk bertahan dalam persaingan yang ketat ini.


Tidak Mengikuti Tren Pasar

Sebagian UMKM terlambat atau tidak responsif terhadap perubahan tren pasar. Ini dapat membuat produk atau layanan mereka menjadi kurang diminati oleh konsumen, yang akhirnya mengurangi pendapatan dan keberlanjutan bisnis.