Modal Usaha Lewat Pinjol, 11 Tips Alternatif untuk UMKM!

Like

Alternatif Modal selain Pinjaman Online (Pinjol)

Mendapatkan pinjaman, termasuk pinjaman modal, dari pinjol memang sangat mudah, apalagi cukup verifikasi via online. Namun di balik kemudahannya, ada banyak resiko yang mengikutinya, sehingga lebih baik UMKM menghindarinya.

Baca Juga: Apakah Bank Keliling Solusi untuk Modal UMKM?

Berikut adalah beberapa modal yang bisa didapatkan selain dari pinjol
  1. Menjualkan produk orang lain. UMKM ini memang tidak produksi sendiri, tapi bisa lebih bisa mendapatkan keuntungan karena hanya perlu manajemen yang baik untuk bisa menjualkan produk orang lain.
  2. Kerja sama dengan pembeli. Ini antara lain dapat dilakukan dengan meminta uang muka. Membuat hubungan yang baik dengan pembeli dan pastikan bahwa UMKM tersebut bisa diandalkan, memiliki produk atau layanan unggulan, bahkan menawarkan beberapa kelebihan jika pelanggan membayar di muka, adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk untuk mendapatkan modal dari pelanggan dengan cara meminta uang muka. 
  3. Kerja sama dengan pemasok bahan. Ini dapat dilakukan dengan cara memberikan reputasi yang baik atau dapat dipercaya, membuat kesepakatan bersama misal dengan perjanjian akan dibayar tanggal sekian, atau hal-hal lain yang dibangun atas pondasi kepercayaan dan dapat dipercaya.
  4. Program reward. Ronald Yusuf Wijaya ketua umum Fintech Syariah memberi contoh program reward juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mendapatkan modal. Contohnya adalah dengan ketika UMKM tersebut punya proyek, misal membuat produk termos tahan panas yang panasnya mampu bertahan hingga 20 hari, siapapun yang mau mendukung dan mendanai proyek tersebut, maka namanya akan ditulis atau diukir di termos tersebut. Dana ini bukan donasi atau investasi, tetapi reward.
  5. Kerja sama dengan teman atau saudara yang memiliki modal. Lakukan pendekatan dan komunikasi dengan baik kepada teman atau saudara yang memiliki dana berlebih agar mau bekerja sama dengan kita. Ini tentu harus dilakukan dengan perjanjian yang benar dan jelas, termasuk ketentuan bagi hasil, agar dapat dipercaya.
  6. Patungan uang untuk mendirikan usaha. Saptuari Sugiharto seorang pebisnis, menyatakan bahwa, menggunakan metode patungan untuk membuka sebuah bisnis dengan perjanjian yang jelas, juga menjadi salah satu alternatif mendapatkan modal tanpa pinjol. Ini sudah dibuktikan dengan sebuah minimarket di Jogja, bahkan sudah memiliki lima cabang, hasil dari modal patungan.
  7. Franchise dengan perjanjian yang benar. Ini bisa dilakukan dengan sistem bagi hasil dan pendampingan yang baik.
  8. Ikut kompetisi. Wirausaha Muda Mandiri, XL Axiata, Brilianpreneur, dan lomba-lomba kewirausahaan yang dilakukan oleh pemerintah daerah juga dapat diikuti untuk diambil hadiahnya sebagai modal. Ini semua juga perlu kerja keras dan bukti nyata.
  9. Mengajukan proposal ke lembaga sosial seperti Baznas.
  10. Mencari investor. Ini dapat dilakukan dengan ikut berbagai komunitas dan pameran untuk membuka jaringan atau juga aktif mencari informasi di media online. 
  11. Mengajukan ke bank yang diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika memang harus meminjam ke bank, lakukan peminjaman di bank resmi, yang sudah diawasi OJK, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 











----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung