Dari Petani Lokal, Kini Ekofee Bali sudah Tersedia Lebih di 50 Outlet!

Ekofee bali salah satu kopi produksi petani lokal khas bali

Like
Kamu penikmat kopi? Sudah tahu gimana prosesnya sampai minuman ini sampai di tangan konsumen? Sebelum menjadi kopi bubuk, proses pengolahan kopi ternyata butuh waktu yang panjang. 

Kak Putu Yoga, seorang produsen kopi asal, Denpasar, Bali membeberkan bagaimana sih caranya memulai usaha ini. Ia menuturkan, usaha kopi yang diberi nama E'Koffee Bali ini sudah berjalan sejak tahun 1984. 

Di mana, merupakan usaha turun temurun dalam keluarganya. Sejak kakeknya kini berada di generasi ke-3 yang menjalankan usaha bisnis kopi keluarga. 



Dari Petani Lokal Menyebar ke Ragam Outlet di Bali

 

Petani Kopi di Bali

Petani Kopi di Bali


E'Kofee bali adalah usaha yang bergerak di bidang produksi dan pengolahan Kopi di Bali. Khususnya kopi Robusta dari kebun keluarga yang berlokasi di desa Pucak Sari, Buleleng, Bali.

Kopi yang diproduksi oleh E'Koffee Bali ini diproses secara natural, dipetik, dan dijemur langsung di bawah terik matahari. Kemudian diolah oleh keluarga dan sumber daya lokal yang ada di sana. 

Pengolahannya pun masih sangat tradisional, ia menuturkan hingga saat ini selain keluarga, Kak Putu hanya dibantu oleh kurang lebih 4 orang pekerja. 

Meskipun demikian, kopi yang diproduksi telah dipasarkan ke lebih dari 50 outlet yang ada di Bali. Mulai dari warung grosir, toko oleh-oleh, hingga villa dan coffee shop. 

Menariknya lagi, nih be-emers kopi yang diproduksi oleh tim E'Koffee bali diproduksi tanpa campuran. Jadi, kamu bisa dapatkan produk kopi murni. 

 

Aktif Ikut Workshop dan Targetkan Bisa Ekspor

Melihat potensi yang sangat besar dari industri kopi, Kak Putu menargetkan usahanya tidak hanya diminati di dalam negeri. Melainkan, bagaimana caranya bisa ekspor dan tampil di kancah internnasional. 

Kak Putu juga aktif ikut komunitas dan workshop untuk meningkatkan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan bisnisnya. 

Mulai dari pelatihan yang diberikan oleh pemerintah setempat hingga aktif mencari via sosial media. 

 

Inovasi di Ragam Jenis Kopi, Salah Satunya Kopi Wine?

Pernah dengar kopi wine? Kira-kira gimana ya proses pembuatannya? Kak Yoga dan tim produksi juga membuat kopi jenis ini lho!

Kopi wine adalah kopi yang setelah dipetik kemudian difermentasikan dalam beberapa waktu. Jadi, bukan dicampur wine ya!

Nah, segala kopi yang diproduksi oleh Kak Yoga ini sudah mengandung sertifikasi halal, NIB, dan PIRT. Jadi, kamu enggak perlu mengkhawatirkan lagi kualitasnya ya!

Selain kopi wine, Kak Yoga juga memiliki produk lain seperti kopi honey dan teh. 


Buruan Check Out Produknya Di Sini

Enggak usah jauh-jauh ke bali untuk menikmati E'Koffee Bali. Kamu bisa pesan bubuknya melalu ecommerce seperti shoppee dan tokopedia

Mulai dari Rp38.000, kamu sudah bisa menikmati kopi bubuk yang dipanen dari kebun rumahan asal Bali. 

Kamu juga bisa kepoin update dari Ekofee bali di instagramnya, di sini ya!