3 Tips Memilih Jasa Maklon untuk UMKM

Ilustrasi jasa maklon (Sumber gambar : pexels.com/Anna Shvets

Like

Pernah dengar istilah maklon? Ato mungkin sama sekali belum pernah mendengarnya? Istilah ini sering terdengar di dalam dunia usaha atau dunia bisnis.

Maklon mempunyai pengertian jasa pengolahan produk yang dilakukan oleh pihak ketiga atau perusahaan yang membantu para pemilik usaha atau pemilik brand untuk memproduksi barangnya.

Banyak manfaat yang didapat sehingga saat ini banyak pemilik bisnis atau pemilik brand yang memanfaatkan jasa maklon. Manfaat menggunakan perusahaan maklon antara lain dapat menghemat biaya, waktu dan tenaga.

Bentuk kerjasama usaha dengan maklon adalah pihak pemilik brand menyediakan spesifikasi dan desain dari produk, sedangkan perusahaan maklon akan bertanggungjawab untuk proses produksi dan perakitan.

Biasanya pengguna jasa maklon adalah pelaku UMKM yang rata-rata masih mempunya keterbatasan dana untuk memproduksi produk mereka.


Baca Juga: Jasa Maklon, Apakah Menguntungkan Bagi UMKM?

Walaupun banyak manfaat dari penggunaan jasa maklon, bukan berarti tidak ada kekurangan dari jasa ini. menggunakan jasa pihak ketiga membuat kita harus ekstra hati-hati dalam memilih perusahaan maklon, terutama dalam soal keamanan dan legalitasnya.

Para pengusaha UMKM sangat disaranan untuk mengecek berkali-kali perusahaan maklon yang akan digunakan dengan harapan kedepan tidak ada masalah yang timbul. Beberapa tips yang dapat diterapkan untuk memilih jasa maklon.
 

1. Cek reputasi maklon

Reputasi maklon dapat kita ketahui dengan beberapa cara seperti melihat dari ulasan atau testimoni di website perusahaan tersebut, bertanya dari pelanggan sebelumnya serta dapat melihat langsung kondisi serta cara produksi dari perusahaan makon yang dituju.

Pastikan perusahaan maklon yng kita pilih mempunyai catatan kerja yang baik dan dapat dipercaya.