5 Manfaat Bazar untuk UMKM Kamu!

Bazar bisa jadi salah satu wadah untuk mempromosikan UMKM kamu (Foto Wikimedia Commons)

Like

Siapa yang kemarin datang ke bazar Semasa di Ideafest? Total ada kurang lebih 200 tenant bergabung dalam Semasa FnB, Semasa Fragrance dan Semasa Creative Market.

Bazar ini rutin digelar sebagai bentuk dukungan bagi UMKM lokal khususnya toko-toko online seperti Adorable Project, Vesca dan Moen Perfume.


Manfaat Bazar untuk UMKM

Sebenernya apa sih manfaat ikutan bazaar gitu? Sini aku bisikin deh : 

1. Meningkatkan kepercayaan customer sama brand

Biasanya kamu kalo mau beli sepatu, baju atau parfum baru pasti nyobain atau sniff dulu, dipilih mana yang cocok baru deh dibeli, iya kan?

Kalo tokonya offline gampang, lah kalo tokonya online? Cuman bisa liat foto sama deskripsi barang aja, gak kebayang fisiknya.

Nah, bazaar solusinya. Dengan booking space, pebisnis online bisa meningkatkan kepercayaan customer ketika membeli produknya karena ada testing langsung. jadi gak akan terbit penyesalan di kemudian hari.

Baca Juga: Maklon Kosmetik: 6 Cara Cerdas UMKM Go Internasional Tanpa Modal Besar

 

Keramaian Bazaar Semasa di Ideafest
Sumber : https://www.instagram.com/semasa_di/?hl=id
 

2. Tes ombak produk baru

Bukan, ini gak ada hubungannya sama selancar kok. Maksudnya, kalo kamu ikutan bazaar, kamu bisa menguji dulu produk baru bisnismu apakah diterima pasar atau tidak.

Kayak yang dilakuin sama Campina Ice Cream waktu ngeluncurin Summer Barz. Kamu bakal dapetin beragam feedback dari customer sebagai bahan evaluasi pengembangan atau perbaikan produk kedepannya.