Menghasilkan Cuan dari Konten, Gimana Tips Memulainya?

Banyak peluang mendapatkan cuan lewat konten (Sumber: Pexels.com)

Like

Siapa yang dalam waktu senggangnya pasti mengonsumsi konten-konten dari media sosial? Di era digital saat ini, konten bisa menjadi salah satu alat paling efektif untuk menghasilkan cuan, lho.

Tidak hanya bagi kreator berpengalaman, bahkan kreator pemula pun bisa memanfaatkan berbagai platform untuk mulai menghasilkan uang dari konten. 

Ada banyak pilihan platform dan bentuk konten yang bisa menjadi pilihan. Bentuk konten bisa beragam mulai dari tulisan, gambar, hingga video. Pilihan-pilihan tersebut bisa disesuaikan dengan kemampuan dan minat Be-emers. Berikut uraiannya.


1. Monetisasi YouTube

YouTube merupakan salah satu platform terbesar untuk menghasilkan uang. Be-emers bisa memulai dengan membuat video yang menarik, konsisten, dan sesuai dengan target audience.

Setelah memenuhi syarat minimal 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang, Be-emers bisa mendaftar ke program YouTube Partner untuk mendapatkan iklan di video kamu. Pendapatan dari iklan tersebut yang bisa menjadi keuntungan menjadi kreator di YouTube. 

Baca Juga: Strategi Cuan dari Membuat Konten Instagram Bersama Kak Tita!



2. Menjadi Influencer di Media Sosial

Instagram bukan hanya tempat berbagi foto, tapi juga ladang cuan bagi yang pandai memanfaatkan. Dengan memiliki banyak follower, kamu bisa bekerja sama dengan berbagai brand untuk endorsement.

Kunci sukses di sini adalah konten visual yang menarik dan interaksi aktif dengan audiens. Apalagi, pengguna Instagram sangat banyak sehingga bisa memudahkan kamu mendapat audience.

Selain Instagram, kamu juga bisa mencoba platform media sosial lainnya seperti Tiktok, X, dan banyak lagi.


3. Menulis Blog dan Affiliate Marketing

Jika suka menulis, blog bisa jadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Pilih niche yang sesuai dengan minat dan kebutuhan pasar.

Salah satu cara menghasilkan uang melalui blog adalah dengan affiliate marketing, di mana kamu akan mendapatkan komisi setiap kali ada pembaca yang membeli produk melalui link yang kamu pasang. Kamu juga bisa monetisasi blog kamu sehingga kamu bisa mendapat bayaran lewat iklan yang di-klik pengunjung blog.

Kalau kamu kesulitan untuk membuat blog pribadi dan syarat-syarat monetasi yang rumit, kamu bisa bergabung menjadi kontributor. Bisnismuda selalu terbuka untuk penulis-penulis berbakat dengan tulisan yang unik untuk bergabung dalam komunitas blog mereka. Tulisan yang berhasil di-submit akan mendapatkan poin yang bisa di-reedem dengan uang atau merchandise. Bisnismuda juga selalu mengadakan event dengan berbagai hadiah menarik!