8 Tips Menciptakan Green Office Demi Lingkungan Kerja yang Ramah Lingkungan

Tips mewujudkan green office (Sumber Gambar : pexels.com/Pixabay)

Like

Hai Be-emers, pernah mendengar tentang green office? Apakah di kantor kalian juga menerapkan prinsip-prinsip green office?

Green office adalah konsep dari manajemen lingkungan pada lingkup tempat kerja atau kantor. Banyak manfaat dari konsep green office ini, seperti menghemat biaya, mendorong kesadaran untuk gaya hidup ramah lingkungan, efisiensi sumber daya dan tentu saja menciptakan citra yang baik bagi perusahaan.
 

Tips Menjadikan Tempat Kerja Lebih Ramah Lingkungan.

1. Mencatat di komputer atau laptop

Catat hal-hal atau catatan penting di komputer atau laptop, bikin file elektronik. Hal ini berfungsi untuk menghemat kertas dengan tujuan untuk menyelamatkan pohon dan meminimalisir sampah.
 

2. Print atau copy bolak balik

Cetak dokumen di printer atau ketika foto copy dapat dilakukan dengan kondisi bolak balik.

Mesin printer atau foto copy dapat diatur secara otomatis agar dapat mencetak secara bolak balik. Hemat kertas banget nih.
 

3. Gunakan paper clip daripada staples

Memilih menggunakan paper clip daripada staples saat menjepit kertas dapat membantu untuk menghemat biaya, meminimalisir sampah dan efisiensi sumber daya.

Paper clip dapat digunakan berulang kali daripada staples yang hanya sekali.


Baca Juga: Peluang Karir Green Jobs, Ini Pilihannya!
 

4. Digitalisasi

Penggunaan tandatangan digital akan sangat menghemat penggunaan kertas. Selain tanda tangan proses administrasi yang dilakukan secara digital akan ikut serta menghemat sumber daya yang ada.