Apa Itu Hook dalam Content Marketing? Kenali Tipsnya!

Pentingnya Hook dalam Content Marketing - Gambar: Canva

Like

Bikin konten yang menarik itu memang enggak gampang. Nah, salah satu kuncinya, kamu bisa menggunakan Hook dalam membuat konten, terutama konten pemasaran atau content marketing.

Pernah lihat video dengan opening yang nyeleneh? Atau pernah baca judul iklan yang bikin kamu penasaran sama isinya?

Nah bagi yang belum tahu, hal-hal seperti itu termasuk pemanfaatan hook dalam sebuah konten, lho!
 

Apa Itu Hook dalam Content Marketing?

Hook dalam konten pemasaran atau content marketing cukup membantu untuk menarik audiens. Nah, hook dalam content marketing mengarah pada sebuah opening line atau kalimat pembuka, frasa, atau konsep yang digunakan untuk menangkap perhatian audiens.

Enggak cuma itu, hook juga ditujukan untuk menarik audiens agar lebih engage dengan konten yang kamu buat. Makanya, hook mengandung rasa penasaran, emosi, dan rasa urgensi. Sehingga, hook bisa bikin audiens ingin membaca atau menonton lebih lanjut sebuah konten marketing.

Soalnya, kekuatan emosi itu penting lho dalam marketing alias pemasaran! Dikutip dari clearvoice.com, memahami psikologi di balik respon emosional dapat membantu pemasar bekerja lebih baik.


Selain itu, kecerdasan emosional dapat membantu melibatkan audiens, menciptakan hubungan yang baik, dan mempengaruhi pengambilan keputusan audiens kamu terhadap produk yang kamu pasarkan melalui sebuah konten.

Di satu sisi, gak cuma bikin penasaran atau mengandung rasa urgensi dan emosi, sebuah hook juga mesti relevan dan bernilai untuk menarik perhatian audiens kamu. Soalnya, kalau enggak relate, ya audiens kamu bisa gampang untuk skip konten yang kamu buat.
 

Tips Bikin Menarik Perhatian Audiens Lewat Konten

Ingat ya, pemasar atau marketer bisa menggunakan emosi untuk membangun hubungan yang bermakna, menumbuhkan pemahaman, dan menciptakan pengalaman positif dengan target audiensnya. Salah satunya dengan memanfaatkan hook.

Nah, gimana caranya?
  1. Tentukan target audiens
  2. Pahami audiens kamu, mulai dari generasinya hingga konten seperti apa yang disukai sama generasi audiens kamu itu
  3. Jangan cuma jadi clickbait, hook kamu harus punya nilai tambah
  4. Lakukan riset, cari tahu jenis hook apa yang sedang tren atau relevan dengan audiens kamu
  5. Gunakan bahasa yang menarik dan sesuai dengan target/audiens kamu
 

Jenis-Jenis Hook yang Bisa Kamu Coba

Nah, ada beberapa jenis hook nih yang mungkin bisa kamu coba untuk bisa menarik perhatian audiens. Jenis-jenis hook tersebut antara lain: