Alami Stres Saat WFH? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

sumber: freepik.com

Like

Memasuki bulan ketujuh semenjak corona melanda Indonesia, di antara kamu mungkin masih ada yang bekerja di rumah alias WFH (Work From Home). WFH memang dinilai sebagai cara kerja yang paling aman, apalagi untuk saat ini yang semakin merebaknya pesebaran virus semenjak penetapan new normal.

Akan tetapi, bagi beberapa orang, WFH ternyata tidak seindah yang dibayangkan. Bahkan, mungkin ada di antara kamu yang masih sulit mengalami adaptasi dengan sistem WFH sampai saat ini. Akibatnya, banyak yang mengeluh WFH terasa semakin berat hingga banyak yang mengalami setres.

Untuk bisa mengatasi setres saat WFH, kamu pelu mengtahui penyebabnya dan juga cara mengatasinya agar tidak berdampak semakin buruk bagi kinerja dan kesehatanmu.
 

Lebih Tertekan DIbanding WFO

Tekanan ketika WFH ternyata bagi beberapa orang terasa lebih besar dibandingkan saat bekerja di kantor secara normal alias WFO. Pemicunya biasanya dapat disebabkan perasaan kecemasan yang berlebihan akan kinerjamu selama di rumah.

Ketika di rumah, komunikasi dengan atasan dan rekan sejawat tidak bisa seakrab dibanding saat di rumah, akibatnya kerja sama tim menjadi terasa kurang. Bahkan ada yang sampai merasa tanggung jawab menjadi lebih besar saat WFH karena pekerjaan sulit dilakukan bersama dengan jarak yang berjauhan.

Jika kamu mulai merasa seperti itu, bisa diatasi dengan selalu terbuka terhadap progress yang sedang kamu lakukan. Walaupun akan menjadi lebih lambat, tentu itu sudah menjadi konsekuensi yang harus dihadapi bersama. Komunikasi yang selalu terjaga dan terjalin sesame tim harus tetap dijaga agar tekanan di diri tidak menjadi semakin besar

 

Overwork

Banyak yang mengakui bahwa ketika WFH jam kerjanya menjadi tidak menentu. Apalagi bagi yang bekerja sesuai projek, tererjakannya ketika mood. Akibatnya, jam kerja menjadi tidak karuan, bahkan tanpa sadari bisa berlebih.

Jika kamu sudah mulai mengalami hal tersebut, bisa diantisipasi dengan selalu membuat jadwal dan evaluasi berkala dengan progres kerjamu. Tidak hanya jadwal kerja, jadwal istirahat juga perlu diperhatikan. Perhatikan juga kekuatan kondisi fisik dan mental, jangan sampai kamu kelelahan karena jam kerja yang terlalu berlebihan.

Setres baik saat WFH maupun WFO memang tidak bisa dihindari. Saat WFH, kamu memiliki peluang lebih untuk bisa  menciptakan suasana yang menyenangkan ala kamu di rumah. Yuk, coba perbanyak berpikir positif dan selalu perhatikan kesehatan tubuhmu agar dirimu menjadi tetap produktif.