Ternyata, Satu dari Delapan Orang di Swiss Adalah Jutawan Lho!

Satu dari Delapan Orang di Swiss Adalah Jutawan Illustration Bisnis Muda - Canva

Like

Siapa yang mimpi jadi jutawan? Ternyata, di Swiss, satu dari delapan penduduk di sana merupakan seorang jutawan lho!

Tepatnya di kanton Schwyz dan Zug, Swiss, satu dari delapan orang di sana adalah jutawan. Hal itu dilaporkan oleh koran lokal Swiss pada Minggu (25/4), berdasarkan analisis statistik pemerintah, termasuk di dalamnya dari data pajak dan kekayaan.

Kira-kira, kenapa ya mereka bisa dikategorikan jadi jutawan?

Baca Juga: Berjuang Bersama Keluarga, Walton Family Sang Pendiri Walmart Jadi Keluarga Terkaya di Dunia

 

Satu dari Delapan Orang di Swiss Adalah Jutawan Illustration Bisnis Muda - Canva




Persaingan Tarif Pajak di Sejumlah Kanton Swiss

Dilansir Bloomberg, kanton Schwyz dan Zug yang berada di Swiss tengah ini punya tarif pajak pribadi yang lebih rendah lho dibanding dengan kanton yang lebih besar dan lebih padat lainnya, seperti Zurich dan Jenewa.

Kalau menurut Profesor Ekonomi Politik Universitas Lucerne Christoph Schaltegger, apa yang terjadi di Schwyz dan Zug menunjukkan bahwa persaingan pajak antar wilayah di Swiss adalah hal yang baik.

Baginya, tarif pajak telah membuat daerah terpencil dan secara struktural cenderung lemah, justru jadi punya kesempatan untuk menegaskan diri mereka bisa bersaing dengan pusat-pusat kota yang menarik lainnya di Swiss.

Diketahui, secara keseluruhan pada 2017, jumlah jutawan di Swiss berjumlah 62 orang per 1.000 pembayar pajak lho. Jumlah tersebut, menurut data koran setempat, telah meningkat dari 11 jutawan per 1.000 pembayar pajak di tahun 1969.

Selain itu, menurut layanan persiapan pajak Transforma AG, 7,5 persen penduduk kanton Baar di Swiss telah membayar pajak pribadi per 100.000 franc Swiss atau setara US$109.450. Sedangkan penduduk di Jenewa, Swiss, yang membayar pajak pribadi yakni sekitar 16 persen.

Adapun, berdasarkan laporan Wealth-X, Swiss menempati posisi ke sepuluh dengan pertumbuhan penduduk paling tajir di dunia lho.

Sayangnya, hingga 2020, jumlah penduduk kaya raya di Swiss pertumbuhannya minus 0,6 persen menjadi 49.375 orang. Total kekayaan penduduknya pun mencapai US$514 miliar.

Baca Juga: Keuangan Kamu Kacau Jelang Umur 30? Simak Trik dari Jutawan Kyle Taylor Yuk!