Nike Beli Perusahaan Sepatu Virtual untuk Metaverse

Nike Beli Perusahaan Sepatu Virtual untuk Metaverse Illustration Web Bisnis Muda - The Verge

Like

Wah, ada kabar menarik yang datang dari Nike seputar Metaverse nih, Be-emers! Raksasa pakaian olahraga itu baru saja mengumumkan akuisisi RTFKT Studios, yang disebut sebagai merek terkemuka yang memanfaatkan inovasi mutakhir untuk menghadirkan koleksi generasi berikutnya dengan menggabungkan budaya dan permainan.

RTFKT mengklaim bahwa pada bulan Februari lalu, kolaborasi yang dilakukan dengan artis remaja FEWOCiOUS untuk menjual sepatu kets asli yang dipasangkan dengan sepatu virtual berhasil menjual sekitar 600 pasang/NFT hanya dalam enam menit dan menghasilkan lebih dari $3,1 juta pada saat itu atau setara dengan Rp 44 miliar, lho. 

Nike mengumumkan pada hari Senin (13/12) bahwa mereka telah membeli perusahaan sepatu kets virtual RTFKT dengan jumlah yang tidak diungkapkan, karena raksasa pakaian olahraga itu ingin segera memperluas jejaknya di Metaverse yang tengah bertumbuh pesat.

Bulan lalu, Nike (NKE) menjadi salah satu merek besar pertama yang memasuki dunia virtual yang menjadi terkenal setelah Facebook baru-baru ini mengubah namanya menjadi Meta Platform.

Dalam lingkungan berbasis blockchain seperti itu, pengguna dapat membeli tanah virtual dan aset digital lainnya seperti pakaian untuk avatar dalam bentuk aset kripto yang disebut non-fungible token (NFT).


Dibentuk pada tahun 2020 oleh Benoit Pagotto, Chris Le dan Steven Vasilev, RTFKT juga membuat koleksi dan meme NFT, Be-emers.

Menurut Chief Executive Officer Nike John Donahoe, akuisisi ini merupakan langkah yang mempercepat transformasi digital Nike dan memungkinkan RTFKT untuk melayani atlet dan para creator di persimpangan olahraga, kreativitas, permainan, dan budaya.

Dengan mengakuisisi RTFKT, Nike selangkah lebih dekat untuk menawarkan barang-barang yang dihias dengan lambang swoosh khasnya ke komunitas online. Banyak pihak yang melihat bahwa peluang dari kolaborasi tersebut menggiurkan.

Sementara itu, RTFKT yang baru ada sejak tahun 2020, sudah menghasilkan jutaan dolar untuk sepatu kets virtual.

Dewasa ini, Merek fesyen memiliki potensi untuk menjual NFT dengan imbalan barang asli dan fisik. Bahkan, menurut mantan Chief Digital Officer dari LVMH, Ian Rogers, tidak ada alasan hari ini tidak bisa beli tas sekaligus mendapatkan NFT.

Gimana Be-emers, tertarik untuk punya NFT dari Nike?