SoftBank Suntik US$150 Juta untuk Perusahaan Metaverse asal Korea Selatan

Zepeto Illustration Web Bisnis Muda - Image: Kanal YouTube Zepeto

Zepeto Illustration Web Bisnis Muda - Image: Kanal YouTube Zepeto

Like

Mungkin beberapa hari kebelakang salah satu headline yang disajikan oleh Bisnis cukup mencuri atensi warganet berkat warta yang berjudul “Sri Mulyani Prediksi Banyak Orang Kesepian pada Tahun 2045”.

Usai warta tersebut tersiar, beragam tanggapan langsung hadir menghiasi dinding media sosial, mulai dari tanggapan yang menyetujui pernyataan Menteri Keuangan tersebut atau bahkan tanggapan yang menganggap bahwa hal tersebut sudah dirasakan kini.

Adapun alasan Sri Mulyani mengeluarkan pernyataan tersebut didasari keresahannya dimasa mendatang terhadap perkembangan teknologi digital, terkhusus keberadaan dunia virtual atau metaverse.

Bagaimana tidak, kini beberapa perusahaan pengembang metaverse terus menghasilkan peningkatan masif baik dari jumlah pengguna ataupun instalasi program sampai-sampai banyak modal ventura atau perusahaan yang berebut untuk berinvestasi seperti yang dilakukan SoftBank belum lama ini.

Baca Juga: Ini Sosok Andrew Bosworth, Si Pengembang Metaverse yang Dibanggakan Mark Zuckerberg


SoftBank Kucurkan US$150 Juta Kepada Zepeto

Menghimpun dari Forbes, tepat pada Kamis, (02/12/2021) salah satu perusahaan investasi asal Jepang yaitu SoftBank dikabarkan baru saja menyelesaikan pendanaan kepada salah satu platform metaverse asal Korea Selatan yaitu Zepeto.


SoftBank diketahui rela mengucurkan sekitar US$150 juta atau sekitar Rp2,1 triliun kepada Zepeto yang sekaligus juga menandakan akhir dari putaran pendanaan Seri B.
Zepeto sendiri merupakan sebuah layanan platform metaverse yang dioperasikan oleh perusahaan pengembang Naver milik salah satu miliarder Lee Hae-Jin.

Meluncur sejak tahun 2018, Zepeto tumbuh menjadi salah satu metaverse tersibuk di Asia berkat fiturnya yang dapat memungkinkan pengguna memilih serta menyesuaikan avatar 3D dengan beragam pilihan pakaian dan gaya rambut yang dapat terhubung virtual dengan seluruh pengguna lain didunia.

Bahkan menurut laporan yang dimuat oleh Wall Street Journal menyebut bahwa Zepeto telah memiliki 2 juta pengguna aktif per hari serta jumlah unduhan hingga 400.000 kali pada bulan Juli tahun ini.

Tak berhenti sampai disitu, beberapa brand fesyen ternama seperti Gucci, Dior hingga Ralph Lauren juga telah menjalin kolektif dengan Zepeto lewat peluncuran beragam pilihan pakaian virtual yang dapat dibeli oleh pengguna untuk memaksimalkan avatar pada platform.

Senada dengan itu, sebelumnya SoftBank juga lebih dulu menginvestasikan US$93 juta atau sekitar Rp1,3 triliun kepada platform metaverse game asal Hong Kong yaitu Sandbox.

Secara terpisah juga diketahui perusahaan agensi dibalik grup boy band BTS yaitu HYBE juga ikut berinvestasi dengan Zepeto lewat kucuran dana sebesar US$41 juta atau sekitar Rp589 miliar dalam beberapa waktu kebelakang.

Gimana tanggapanmu, Be-emers?