Merchandise K-Pop: Peluang Cuan dari Fans Oppa dan Eonni Korea

K-Pop Fans Illustration - Canva

Like

Hayoo.. siapa yang suka banget nonton atau dengar lagu dari para oppa dan eonni Korea? K-Pop, atau musik Pop Korea, merupakan salah satu genre musik yang digemari di Indonesia, bahkan dunia.

Berdasarkan data dari Statista, popularitas K-Pop di Indonesia mencapai 59 persen di tahun 2019. Riset tersebut melibatkan 500 responden yang berusia 15 hingga 59 tahun.

Enggak Cuma itu, dari penelitian Social Distribution: K-Pop Fan Practices in Indonesia and the ‘Gangnam Style’ Phenomenon, budaya pop Korea juga telah berhasil didistribusikan secara dinamis di pasar pop global lewat kecanggihan media sosial dan komunitas.

Musik dan gerakan tarinya yang energik, serta pesona para personil grup vokalnya, membuat K-Pop mudah sekali disukai –terutama oleh anak muda. Namun, tak lengkap rasanya kalau bicara soal fans dan idola tanpa adanya merchandise.
 

Mahalnya Merchandise K-Pop

Merchandise merupakan hal yang lumrah dalam Industri musik, tak terkecuali K-Pop. Gilanya, fanatisme penggemar K-Pop membuat harga merchandise dinilai sangat mahal.

Kok bisa mahal banget?


Soalnya, ada beberapa items merchandise yang menjadi ciri khas dari K-Pop itu sendiri. Enggak cuma itu, dilansir dari laman komunitas K-Pop #IniKPop, selain merilis musik, para artis juga kerap kali merilis merchandise resmi.

Nah, sebagai penggemar sejati nih, pastinya akan condong membeli merchandise resmi, yang mayoritas dijual secara eksklusif. Belum lagi, kamu belum lengkap jadi penggemar K-Pop kalau belum punya berbagai merchandise kayak lightstick untuk nonton konser, photobook, album original, kipas, boneka, kaos atau topi, poster, hingga postcard maupun photo card.

Belum lagi kalau sang artis mendesain atau punya brand sendiri. Sudah pasti, harganya bisa selangit.

Seperti halnya musisi sekaligus icon fashion dunia, G-Dragon. Lewat brand fashion miliknya, Peaceminusone, pria kelahiran 1988 ini menjual berbagai aksesoris hingga pakaian yang selalu menjadi hits di Korea hingga mancanegara.

Dijual secara terbatas, harga produknya bisa mencapai jutaan rupiah lho, Be-emers. Dari situs resmi Peaceminusone, harga produk topi terbarunya dibanderol dengan harga US$178,20 atau senilai Rp2,6 juta!

Begitu juga dengan merchandise K-Pop resmi lainnya, yang dijual dari harga ratusan hingga jutaan rupiah. Seperti dilansir dari laman resmi penjualan merchandise dari artis K-Pop YG Entertaiment, harga satu lightstick grup vokal Blackpink dibanderol dengan harga US$18,51.

 

Peaceminusone Cap by G-Dragon - Image: Peaceminusone.com

 

Peluang Cuan Merchandise K-Pop

Harga merchandise K-Pop memang mahal. Namun, permintaan akan merchandise K-Pop ini masih cukup tinggi.

Apalagi di saat sang artis akan meluncurkan single atau album baru dan mengadakan konser, penjualan merchandise sudah jelas akan meningkat drastis. Gokil!

Makanya, peluang cuan dari merchandise K-Pop pun menarik sekali untuk kamu coba. Apalagi kalau kamu seorang penggemar berat K-Pop, pasti akan mudah untuk mengurasi merchandise yang akan dijual.

Kalau kamu masih minim modal, kamu bisa coba untuk menjadi reseller atau dropshipper dari merchandise K-Pop nih. Salah satu platform online penjualan merchandise K-Pop, Koreandae, juga menawarkan peluang ini.

Kamu bisa pakai metode pre-order atau ready stock, tergantung dari kondisi kas dan stratgei bisnis kamu ya. Atau, buat kamu yang berkesempatan ada di negeri gingseng, bisa banget nih menjual merchandise K-Pop dengan menawarkan jasa titip (Jastip).