KATALOGUE - Gait Kebudayaan Jepang Lewat Brand Kurotsuki

1
Kurotsuki - LOVE

Rp 100.000

Beli

Katalogue - Kurotsuki

Jepang adalah salah satu negara yang masih kental akan budayanya. Mulai dari bahasa, makanan, adat, bahkan fashion

Menggait kebudayaan Jepang, Kurotsuki kemudian eksis sebagai salah satu brand yang dibentuk pada awal September 2020, Kurotsuki didirikan oleh dua orang mahasiswa, yang mana awalnya untuk mengisi aktivitas di kala pandemi.

Bisnis Kurotsuki berbasis online shop dengan memanfaatkan media sosial Instagram. Saat ini, Kurotsuki fokus pada produk t-shirt.

Adapun, kata "Kurotsuki" diambil dari bahasa Jepang yang berarti "black moon". Kurotsuki dapat diartikan sebagai "darkside of the moon" atau yang berarti sisi gelap dari bulan.

 

Kurotsuki - Katalogue Web Pic

Kurotsuki - Katalogue Web Pic


Jenis kain yang digunakan Kurotsuki adalah cotton combed 24s, dengan jenis sablon rubber matsui. Kelebihan dari produk ini adalah bahan yang sejuk, sablon yang tahan lama, serta konsep di balik desain dan masing-masing produknya.

Pada awal peluncurannya, Kurotsuki merilis 5 produk, antara lain: Love, Brain, Fearless, Fighter, dan Darkside.

1. LOVE
"Love" menggambarkan perasaan cinta antar sesama manusia. Pada produk ini, terdapat kalimat Shinjitsu no koi yang berarti "True Love".

 

Kurotsuki - Katalogue Web Pic

Kurotsuki - Katalogue Web Pic


Di bagian belakang juga terdapat potongan foto karakter Bonnie and Clyde, pasangan kriminal yang terkenal dengan cerita kebersamaan mereka dikala aksinya.

2. BRAIN (MIND)
"Brain" atau "Mind" menggambarkan pikiran dalam diri manusia. Gambar sarkas di bagian belakang menggambarkan banyak manusia yang tidak memakai pikirannya.

3. FEARLESS
"Fearless" menggambarkan rasa tak kenal takut dalam diri manusia. Bagian belakang terdapat foto mantan presiden amerika serikat Franklin D. Roosevelt. Serta di bawahnya adalah kalimat yang dikutip dari pidatonya ketika perang dunia ke-2.

4. FIGHTER (RAGE)
"Fighter" atau "Rage" menggambarkan kekuatan yang didasari amarah atau haus pada pertarungan. Terdapat gambar seorang ahli bela diri pada tampak belakang.

Selain itu, pada bagian latar terdapat huruf MMXX yang berarti 2020 (tahun berdirinya Kurotsuki) dalam angka romawi.

5. DARKSIDE
"Darkside" memiliki dua warna (putih dan hitam), yang menggambarkan dua sisi dalam diri manusia. Bagian belakang terdapat quote dari seorang penulis, Mark Twain yang menganggap manusia dan bulan adalah sama, karena memiliki sisi gelap yang tidak pernah ditunjukkan ke siapapun. 

 

Kurotsuki - Katalogue Web Pic

Kurotsuki - Katalogue Web Pic


Semua produk digambarkan sebagai sebuah "perjalanan" menuju lahirnya sisi gelap seorang manusia. "Love" adalah tahapan pembuka dimana seorang manusia awalnya hanya mempunyai cinta yang murni dalam dirinya.

Tetapi cinta bisa membuat ia mudah dikecewakan. Sehingga, ia membutuhkan "brain".

Memiliki pikiran yang matang juga belum cukup baginya. Rasa takut dalam menghadapi dunia kadang menahannya untuk bertindak lebih jauh.

Sehingga, dia melawan rasa takutnya dan lahirlah "fearless" sebagai tahapan ketiga. Rasa berani yang hebat mendorongnya untuk melatih fisik agar kuat bertahan dan lahirlah "fighter" yang menggambarkan kekuatannya.

Akhirnya, ia terjatuh dalam kekuatannya sendiri dan lahirlah "darkside" sebagai perjalanan akhir dari proses lahirnya sisi gelap manusia.

Nah, dengan harga Rp100.000, kalian sudah mendapatkan kaos kece Brand Kurotsuki nih, Be-emers

Lihat produk rekomendasi Katalogue lainnya di sini