#BuyOrBye: BBCA Bakal Stock Split dengan Rasio 1:5! Buy Enggak Nih?

BBCA Bakal Stock Split Illustration Bisnis Muda - Image: BCA

BBCA Bakal Stock Split Illustration Bisnis Muda - Image: BCA

Kabar mengejutkan datang dari PT Bank Central Asia Tbk. alias BCA. Emiten perbankan dengan kode saham BBCA tersebut dikabarkan bakal melakukan stock split dengan rasio 1:5 lho, Be-emers!

Stock split merupakan salah satu aksi korporasi yang dilakukan emiten untuk memecah harga saham dalam rasio tertentu. Nah, BBCA yang berencana bakal stock split dengan rasio 1:5, artinya emiten bank milik Grup Djarum tersebut bakal membagi harga sahamnya menjadi lima bagian saham baru.

Meski harga sahamnya dipecah menjadi lebih kecil, tapi jumlah lot sahamnya bisa menjadi 5 kali lebih besar, Be-emers. Soalnya, dilansir dari laman OJK, tujuan dari stock split itu sendiri yakni meningkatkan jumlah saham yang beredar dan menurunkan harga per lembar saham menjadi lebih lebih murah.

Dengan begitu, transaksi sahamnya bakal ramai lagi deh. Tenang, meski jumlah lembar sahamnya bertambah saat stock split, tapi hal itu enggak bakal mengubah jumlah modal yang disetor investor sebelumnya kok.

Salah satu manfaat dari stock split yakni membuat para investor, terutama investor ritel, untuk tertarik membeli saham tersebut. Kalau transaksi sahamnya ramai, jelas emiten tersebut bakal likuid.

Hingga saat ini, BBCA masih masuk dalam indeks LQ45, yang mana berisi saham-saham dengan fundamental bagus dan tingkat likuiditas yang tinggi. Di satu sisi, harga saham BBCA dinilai sudah cukup mahal oleh kalangan investor ritel.

Alhasil, momen stock split saham BBCA ini dinilai bisa menjadi “jalan keluar” bagi para investor ritel yang mau mengoleksi saham BBCA dengan harga murah. Hayoo, kamu salah satu yang mengincar saham BBCA untuk dikoleksi dalam portofolio enggak nih, Be-emers?
 

Harga Baru Saham BBCA

Meski baru akan diajukan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada 23 September 2021 mendatang, tapi kabar rencana stock split BBCA sudah mulai ramai diperbincangkan nih. Lalu, berapa sih harga saham BBCA saat stock split nanti?

Dilansir Bisnis, pada penutupan perdagangan Juli 2021, saham BBCA terjun 1,16 persen di level Rp29.850 per saham. Nah, di harga segitu, investor harus mengeluarkan dana Rp2,9 juta untuk beli 1 lot saham BBCA.

Kalau mengacu pada harga penutupan tersebut, saat stock split selesai, BBCA bakal diperdagangkan di harga Rp5.950 per saham. Dengan begitu, harga 1 lot saham BBCA bisa hanya mencapai Rp597.000 saja!

Di satu sisi, memasuki bulan Agustus 2021,saham BBCA masih melanjutkan penurunan di perdagangan Senin (2/8) nih. Hingga akhir perdagangan bursa, saham BBCA terpantau turun hingga -0,17 persen ke level Rp29.800.

Hmmm… kalau nanti pas stock split bakal jadi berapa yaa harga saham BBCA?
 
Total Aset BBCA 30 Juni 2021 PER Harga Saham BBCA 2 Agustus 2021
Rp43,56 triliun 25,41x Rp29.800 [-0,17%]
Sumber: RTI Business
Pertanyaan 1 dari 1

Saat stock split nanti, kamu bakal BUY atau BYE saham BBCA nih?

Card image cap