Enggak Mau jadi Karyawan Palugada? Ini Tips Supaya Terhindar!

Like

Tanda-Tanda Kamu Menjadi Karyawan Palugada

Apakah kamu sering diberi tugas di luar tanggung jawab pekerjaan? Sering melakukan pekerjaan yang berbeda-beda? Jika iya, kemungkinan besar kamu salah satu karyawan palugada, tersebut. 

Lantas bagaimana jika mengalami hal-hal tersebut dan bagaimana cara menghindarinya?

Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan:

a. Meminta Kenaikan Gaji

Berbicaralah dengan atasan, dan pastikan ketika bernegosiasi, kamu menyampaikan dengan jelas tugas-tugas tambahan yang telah dilakukan di luar deskripsi pekerjaan awal.

Jangan lupa untuk menyertakan pencapaian yang menunjukkan kontribusimu terhadap perusahaan. Kemukakan juga alasan mengapa kamu pantas mendapatkan kompensasi yang lebih tinggi.
 

b. Negosiasi Ketika Diberi Pekerjaan di Luar Job Description

Beranilah untuk menolak atau negosiasi ketika diberi pekerjaan di luar tanggung jawab. Katakan bahwa tugas tersebut berada di luar keahlian atau waktu kerja sudah penuh dengan tanggung jawab yang ada.

Negosiasi bukan hanya untuk melindungi dari overload, tetapi juga memberikan pesan kepada atasan bahwa pembagian tugas harus lebih adil.

 

c. Meminta Tambahan Tim

Ketika beban kerja sudah melebihi kapasitas, solusi yang baik adalah meminta bantuan tambahan tim. Hal ini penting terutama di startup yang sering kali kekurangan tenaga kerja.

Dengan tambahan tim, tugas yang ada bisa dibagi sehingga kamu tidak harus mengerjakan semuanya sendiri.
 

d. Resign

Jika semua usaha telah dilakukan tetapi perusahaan tetap tidak memberikan solusi yang baik, mempertimbangkan untuk resign bisa menjadi pilihan.

Jangan khawatir untuk meninggalkan perusahaan yang tidak menghargai kontribusimu, karena kamu multitalenta. Ada banyak peluang kerja di luar sana yang menghargai bakat dan potensimu segera memadai. 

Baca Juga: Ingin Podcast Kamu Terkenal? Yuk, Intip Cara Branding ala Raditya Dika
 

Cara Terhindar Menjadi Karyawan Palugada

Selain karyawan, perusahaan juga harus introspeksi diri. Jika sebuah perusahaan ingin berkembang tanpa mengeksploitasi karyawannya, mereka harus menerapkan strategi berikut:
  1. Membuat job description yang jelas
  2. Memberikan kompensasi yang adil
  3. Memperhatikan kesejahteraan karyawan 
  4. Rekrut lebih banyak tenaga kerja seiring berkembangnya perusahaan 

Tips Menjaga Diri Dari Eksploitasi

  1. Atur waktu kerja dengan baik
  2. Tolak tugas yang tidak ada dalam job description 
  3. Jaga kesehatan mental
Meskipun kerap luput dari perhatian, di Indonesia khususnya. Sering kali terjadi karyawan palu gada di bidang jasa.

Seseorang yang dipekerjakan sebagai pengasuh anak tetapi kemudian mengerjakan juga pekerjaan rumah tangga lain, seperti bersih-bersih rumah  nyetrika dan lain sebagainya. Ironisnya majikan tidak merasa bersalah dan pengasuh anak tak kuasa menolak. 

Dengan job deskripsi akan terlihat jelas batas-batas tugas dan tanggung jawab seorang karyawan. Dengan tips-tips di atas, karyawan akan lebih mudah ketika harus menuntut haknya.

Menghindari menjadi karyawan palugada semoga tercapai keseimbangan yang saling menguntungkan. 

#Mon-FridayChallengeSepetember









----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung