Ketika Memilih Switch Career, Ini Cara Menghadapinya

Like

Yang Perlu Dilakukan setelah Mengubah Karir 

Sekarang Be-emers telah memiliki keputusan, yaitu mengubah karir. Maka hal yang bisa dilakukan antara lain :

Bangun jaringan, jaringan, dan jaringan. Tidak ada satupun orang yang dapat membangun karir tanpa adanya seorang guru atau mentor atau support system yang baik. Oleh karena itu perlu membangun jaringan. 

Manfaatkan teknologi untuk membangun jaringan. Teknologi memudahkan kita untuk menjangkau orang-orang yang awalnya tidak mungkin dijangkau jadi bisa dijangkau. Ini bisa dilakukan dengan ikut grup tertentu atau beli kelas tertentu. Untuk mengawali membuka jaringan ini, bisa dilakukan dengan small talk, seperti yang penulis tulis sebelumnya.

Baca Juga: Mau Switch Career? Ini Skill yang Harus Kamu Persiapkan!

Persiapkan dana. Lagi-lagi tentang dana, klasik ya? Pada kenyataannya ketika kita mengubah karir, kita akan memulainya dengan kondisi yang lebih rendah. Bisa jadi gaji yang lebih rendah, bahkan tidak bergaji terlebih dahulu jika yang diubah adalah karir berbisnis, tingkatan karir yang lebih rendah, dan lain-lain. Jadi persiapkam dana. 


Kembangkan keterampilan baru. Pelajari dan tingkatkan keterampilan-keterampilan baru yang diperlukan untuk mendukung karir yang baru.

Lakukan sebagai usaha sampingan. Jika kita tidak siap untuk membuat lompatan secara penuh pada waktu sekarang, maka kita bisa mencobanya sebagai usaha sampingan terlebih dahulu. Ini bisa dilakukan dengan menjadi volunteer di beberapa organisasi yang sesuai dengan karir yang ingin diubah. Atau kita bisa juga dengan memulai bisnismu secara part time di akhir pekan, sekaligus untuk mengecek ulang Jika kamu benar-benar mencintainya, sehingga kita siap untuk move on. 
 

Setelah Mengubah Karir

Setelah kita mengubah karir, maka berikut hal-hal yang perlu dilakukan:

Jangan bakar jembatan. Kita telah menghabiskan waktu selama bertahun-tahun untuk membangun jembatan tersebut, sehingga kita tidak perlu membakarnya. Percayalah kita akan dapat memanfaatkan jembatan itu lagi. 

Ingat hal-hal yang telah dipelajari. Ilmu yang telah didapatkan dari karir-karir sebelumnya akan sangat bermanfaat di karir atau pekerjaan baru kita. Baik ketika berinteraksi dengan orang, bekerja di dalam tim, atau berhubungan dengan manusia-manusia toksik. Karena manusia toksik memang selalu ada, di manapun kita berada. Tidak ada orang yang tahan terhadap hal tersebut, semua orang perlu menyelesaikan masalah tersebut. Dan mungkin kita tahu cara menghadapinya.

Pasti ada rasa khawatir. Ketika kita memulai pekerjaan atau karir baru, pasti akan merasa khawatir. Tetapi rasa khawatir dan takut itu hal yang normal jadi jangan takut. Karena penulis pun ingin memberitahumu, selamat kita termasuk orang-orang yang berani melakukan perubahan demi hal yang terbaik. Sekarang, setiap orang akan bergantung kepada kita. Kesuksesan kita adalah kesuksesan mereka. Jadi selamat datang di karir yang baru.











---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung