Dibalik Sisi Gelap MLM, Ada 4 Hal Positif Yang Bisa Diambil!

Empat Hal Positif Bergabung dengan Bisnis MLM (sumber gambar : freepik)

Empat Hal Positif Bergabung dengan Bisnis MLM (sumber gambar : freepik)

Like

Strategi marketing ada berbagai macam, salah satunya adalah MLM yang merupakan kepanjangan dari Multi Level Marketing. Istilah lain dari MLM ini adalah marketing berjenjang, pemasaran jejaring, marketing berantai serta penjualan Piramida.

Sebuah inovasi penjualan yang tidak hanya mengutamakan penjualan produk tetapi juga menjaring sales atau marketer lain untuk melakukan penjualan juga. 

MLM sendiri terbagi menjadi beberapa, MLM yang menjual produk, jasa dan keanggotan seperti yang dilansir dalam website id.jobstreet.com. Penggiat bisnis MLM memang terlihat sangat bekerja keras, pandai berbicara dan menjual serta selalu suka menunjukan kesuksesannya.

Penulis sendiri juga pernah terjun dalam dunia bisnis ini, sehingga bisa mengambil sisi baik dari bisnis MLM ini, alih-alih melihat sisi negatifnya. Berikut adalah hal-hal positif yang bisa diambil dari bisnis MLM :


1, Melatih Public Speaking

Softskill ini menjadi salah satu kemampuan yang dipertimbangkan oleh berbagai bidang pekerjaan. Seseorang yang memiliki kemampuan public speaking akan mempunyai nilai plus dalam dirinya.

Baca Juga: Bisnis MLM: Peluang Besar atau Sekadar Janji Palsu?


Komunikasi yang baik, penguasaan audiens, kepercayaan diri yang tinggi serta pendengar yang aktif dan story telling yanh bagus adalah hal-hal yang diperlukan dalam dunia kerja sesungguhnya dan kemampuan ini bisa dilatih saat mengikuti bisnis MLM.
 

2. Networking yang Luas

Mengenal banyak orang menjadi hal yang sangat diperlukan untuk zaman sekarang. Jejaring yang luas memungkinkan untuk be-emers mendapatkan informasi yang up to date dan faktual. Selain itu, banyak peluang yang bisa muncul ketika bertemu banyak orang baru serta berbicara dengan orang lain.

Saat bergelut di bisnis MLM, membangun jaringan menjadi hal yang wajib dilakukan agar dapat mencapai target serta melakukan closing.