Mengapa Sociopreneurship Menantang? Tips agar Bisnis Sosial Tetap Berkelanjutan

Like

Tips agar Bisnis Sosial Tetap Berkelanjutan

Tips ketika memulai bisnis sociopreneur, ini yang mesti kamu lakukan: 

Kembangkan Model Bisnis yang Berkelanjutan

Meskipun fokus utamanya adalah misi sosial, sociopreneurship tetap perlu memiliki model bisnis yang menghasilkan profit. Memastikan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan dapat mendanai operasional bisnis dan mendukung pertumbuhan adalah kunci.

Salah satu cara yang efektif adalah mencari cara inovatif untuk menggabungkan tujuan sosial dengan strategi bisnis yang menguntungkan, misalnya melalui model “buy one, give one” atau program loyalitas pelanggan berbasis dampak sosial.
 

Jalin Kemitraan Strategis

Bermitra dengan organisasi lain, baik dari sektor sosial maupun komersial, dapat membantu meningkatkan keberlanjutan bisnis sosial.

Mitra dapat memberikan akses ke pasar, pendanaan, atau sumber daya yang diperlukan untuk memperkuat dampak sosial.

Baca Juga: Pengin jadi Sociopreneur, Begini Tips dan Triknya!

Kolaborasi dengan pemerintah atau LSM juga dapat memperluas cakupan bisnis dan menambah kredibilitas.

 

Fokus pada Dampak Jangka Panjang

Mengukur dampak sosial dan mengevaluasi keberhasilan secara berkala adalah langkah penting untuk memastikan bisnis sosial tetap pada jalurnya.

Fokus pada perubahan jangka panjang yang positif di masyarakat, dan bukan hanya pada keuntungan finansial jangka pendek, dapat membantu sociopreneur untuk bertahan dan berkembang.










---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung