Keseruan Workshop Instagram Content Hacks bersama Kak Tita Pratiwi, Belajar Apa Aja sih?

Like

Cara Menentukan Content Pillar sampai Jago Bikin Copywriting

Sesi QnA bersama Kak Tita Pratiwi (Rangga/Bisnis Muda)

Sesi QnA bersama Kak Tita Pratiwi (Rangga/Bisnis Muda)

Nah, selaras dengan poin 3 di atas. Penting banget untuk punya content pillar yang sesuai dengan target kita. 

Dalam membuat konten pillar kamu bisa, coba rumuskan dalam diagram ven seperti ini ya be-emers. 
Pertama, kamu mesti menentukan hal apa sih yang pengin disampaikan. Nah ini bisa berbentuk hiburan, informasi, promo, CTA, campaign, atau tren.

Setelah itu, kamu mesti menganalisa apakah konten yang kamu sajikan bakal dikemas dengan bentuk review jujur, rekomendasi, cerita, atau bentuk lain. 

Nah setelah itu, tarik kesimpulan di tengah dengan kombinasi yang ada. Kira-kira bakal seperti apa nih hasilnya. 

Pentingnya melakukan evaluasi secara berkala juga bisa jadi kunci keberhasilan konten. Kak Tita membeberkan kalau ada salah satu konten yang masih dipertahankan di Vindes sejak pandemi. 


Misalnya, konten tentang zodiak. Alasanya, karena konten ini selalu ramai dan ditunggu oleh followers. 
Kak Tita sendiri membagi komposisi konten pillarnya menjadi 10% konten inspirasi (bisa berupa sosok inspiratif), 20% informasi (berupa informasi penting perusahaan/peringatan hari besar).

20% promosi (promo jualan kamu), Edukasi 20% (konten informatif/pendidikan), Konten Interaksi 30% (konten yang bisa membangun engagement dengan peserta). 

Untuk konten yang enggak viral, bisa dicari apa penyebabnya. Apakah masih diperbaiki dari segi copywriting atau pengemasan. 

Baca Juga: 5 Teknik Copywriting Sederhana yang Wajib Pemula Pelajari!
 

The Power of Copywriting

Copywriting juga jadi adalah satu aspek penting dalam membuat konten lho, be-emers! Kalau kamu pikir seorang copywriter itu kerjanya cuma nulis doang. Hmm, tiati lho!

Copywriting sendiri adalah seni untuk mempengaruhi orang lain. Namanya, mempengaruhi artinya tulisan yang dihasilkan mesti mampu mengajak atau mempersuasikan seseorang terhadap tujuan kita. 
Ternyata seorang copywriter itu mesti punya:
  1. Empati
  2. Riset
  3. Kemampuan menulis yang baik. 
Nah, kira-kira dari 3 hal ini mana yang udah kamu miliki be-emers? Buat kamu yang ketinggalan acara Workshop Instagram Bisnis Muda Academy yang didukung oleh Digipraya, Community Partner Puan Bisa, Stellar Women, dan Ikan Galau, yuk akses kelas lainnya di sini ya!










---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung