Sering Disepelekan, Bagian dari Promosi Online Ini Penting Buat Bisnis Kamu

Online Social Media - Canva

Online Social Media - Canva

Like

Ketika kamu memutuskan buat mulai jualan, hal paling penting selain produk yang akan dijual adalah promosi atau pemasaran. Bayangin, kalau kamu punya produk bagus tapi enggak bisa dikenal sama orang lain, percuma kan?

Menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong, lewat bukunya yang berjudul Principles of Marketing, promosi bertujuan buat mendorong pembelian. Enggak cuma itu, promosi juga tentunya ditujukan buat meningkatkan koneksi dengan pelanggan.

Nah, di zaman yang sudah serba online ini, bisnis kamu pun perlu menyesuaikan diri. Social media marketing atau online marketing sudah mulai marak diterapkan dalam berbagai jenis usaha.

Soalnya, pemasaran melalui media sosial dinilai dapat meningkatkan brand awareness dan customer service. Selain itu, promosi lewat media sosial itu juga cenderung lebih murah dan efisien.

Baca juga: Strategi Social Media Marketing untuk UMKM


Nah, sebelum kamu mempelajari lebih jauh bagaimana strategi memasarkan produk lewat media sosial, ternyata ada beberapa hal yang dianggap sepele, tapi penting juga nih dalam promosi secara online.
 

Nama Akun Media Sosial dan eMail Profesional

Menjadi unik dan berbeda memang seru. Namun, rupanya hal itu kadang enggak berlaku juga buat alamat eMail maupun username akun media sosial yang kamu miliki.

Dalam menjalani bisnis, seperti halnya punya anak, kamu pasti ingin nama usaha kamu itu enggak sembarangan dong?

Menurut pakar branding Marty Neumeier, dikutip dari laman blog Moka, nama yang bagus bisa jadi investasi jangka panjang buat bisnis kamu lho. Soalnya, nama yang bagus bisa membuat bisnis kamu lebih populer, gampang dicari, dan pastinya mudah dilirik untuk mendapat perhatian pelanggan.

Untuk alamat eMail, kamu bisa membuat sesuai dengan nama usaha kamu atau misalnya menambahkan kata “kontak”, “bisnis”, maupun “admin”. Kalau mau unik tapi tetap terkesan profesional, kamu bisa menggunakan G-Suite atau membeli domain.

Misalnya, nama domain kamu adalah bisnismuda.id, kamu bisa menyesuaikan alamat emailnya menjadi [email protected]. Hal ini tentu akan meyakinkan orang lain, bahwa kontak yang dicantumkan sesuai dengan nama usaha kamu.

Begitu juga dengan username media sosial. Sebisa mungkin, minimal buat username yang sesuai sama nama bisnis kamu.

Jangan sampai, misalnya nama bisnis kamu adalah Keripik Gurih, tiba-tiba username media sosialnya jadi @kripikgUriH118. Wah, orang jadi males duluan nih mau kepo usaha kamu.
 

Konsisten Posting Konten Jualan

Namanya juga jualan, apalagi di dunia maya, pastinya enggak cukup buat kamu hanya melakukan promosi satu kali. Enggak harus tiap menit atau setiap hari memposting konten, yang terpenting adalah konsisten!

Eit, tapi posting-nya enggak sebulan sekali atau setahun sekali juga lah yaaa hehe. Semuanya kamu bisa rencanakan terlebih dahulu lewat sebuah rencana konten (content plan).

Adapun, enggak cuma konten promosi aja nih. Kamu juga bisa mencoba promosi secara “terselubung” atau melakukan gimmick seperti menyajikan fakta menarik, review produk, giveaway, atau melakukan siaran langsung (live) di Facebook, Instagram, maupun YouTube.

Gimana, sudah siap memulai bisnis online kamu, Be-emers? Komen di bawah ya, kira-kira hal “sepele tapi penting” apa lagi yaa yang dibutuhkan dalam sebuah usaha?