Strategi Bisnis Jelang Valentine, 10 Cara Supaya Cuan Maksimal

Valentine Day's: Memanfaatkan Momen Untuk Meraup Cuan Berlipat (freepik.com)

Valentine Day's: Memanfaatkan Momen Untuk Meraup Cuan Berlipat (freepik.com)

Like

"Bukan hari ini saja aku mencintaimu tetapi hari ini aku bahagia bersamamu."

Be-emers, siapa yang bisa menolak ungkapan manis seperti ini? Meskipun kita sudah hafal sejarah di balik hari valentine. Momen ini tetap menjadi ajang spesial bagi kebanyakan orang untuk mengungkapkan perasaan pada yang terkasih dan tersayang. 
 
Terlepas pro kontra mengenai perayaannya, sebagai pelaku bisnis kit harus jeli memanfaatkan momen. Satu hal yang harus kita ingat, valentine bukan sekadar bunga dan cokelat tetapi kesempatan mendulang cuan. 
 

Strategi Bisnis Jelang Valentine

Lantas, bagaimana strateginya agar bisnis yang kita jalankan mendulang cuan dengan maksimal. Berikut ulasannya:

1. Menciptakan Paket Spesial Valentine

Bukan hanya perempuan yang perlu disentuh hatinya agar terpesona, demikian juga konsumen. Untuk menarik perhatian kita bisa membuat paket spesial valentine. Apapun bisnisnya, ide ini bisa diterapkan
 
Misalnya saja bisnis kuliner, tawarkan paket ngedate romatis atau combo romatis lengkap dengan desert manis berbentuk hati. 
 
Bukan hanya bisnis kuliner yang bisa membuat paket coklat romantis dll. Kamu yang bergerak di bisnis fashion juga bisa memanfaatkan moment ini.

Misalnya dengan membuat paket outfit couple dengan bonus kartu ucapan cantik, bunga atau lainnya dengan menyesuaikan keinginan konsumen. Paket bundling seperti ini akan menarik konsumen dan tentunya meningkatkan penjualan kamu.
 

2. Mengoptimalkan pemasaran digital dengan konten romantis

Saat ini kita tidak bisa meninggalkan pemasaran digital. Karena media sosial seperti tik tok, instagram, facebook merupakan media promo yang ampuh.

Dengan konten romantis serta sisipan promo yang menunjukkan bahwa produk yang kamu tawarkan merupakan bagian dari momen spesial yang harus disertakan. 
 
Selain itu, kamu juga bisa mengajak followers untuk berbagi cerita romantis dengan hastag spesial sehingga jangkauan pasarmu semakin luas. 
 

3. Membuat Promo dan Diskon 

Siapa yang tidak tertarik diskon? Siapapun rasanya tidak mau menolaknya. Di momen ini kita bisa membuat promo atau diskon untuk pembelian berpasangan.

Misal buy one get one, atau jika kamu berbisnis cafe atau restoran berikan diskon untuk paket makan berdua dll. 
 

4. Berkolaborasi dengan Bisnis Lain

Untuk membuat promo menarik dari momen spesial ini, kamu juga bisa berkolaborasi dengan bisnis lainya.

Misalnya kamu berbisnis kue, coba untuk berkolaborasi dengan usaha florist untuk membuat paket kue dan bunga.
 

5. Menawarkan Layanan Personalisasi

Pada momen ini banyak orang menginginkan hal spesial. Baik itu momen itu sendiri atau hadiahnya. Untuk itu kita bisa memanfaatkannya dengan menawarkan layanan spesial.


Seperti membubuhkan nama, inisial, ucapan romantis atau lainnya pada produk yang kamu jual atau pun lainnya.

Layanan tersebut mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya. Namun, konsumen akan rela membayar lebih demi hal personal yang ia inginkan.