5 Strategi Digital Marketing yang Bakal Mencuri Perhatian di Tahun 2025

5 Strategi Digital Marketing yang Paling Banyak Mencuri Perhatian di Tahun 2025 (Sumber gambar: Freepik.com)

5 Strategi Digital Marketing yang Paling Banyak Mencuri Perhatian di Tahun 2025 (Sumber gambar: Freepik.com)

Like

Digital marketing, sesuai dengan namanya, ini adalah strategi pemasaran di mana pemiliknya menggunakan berbagai peralatan digital untuk bisa membantu proses pemasaran produk atau jasa yang dimilikinya.

Seperti kita ketahui bersama, digital marketing ini terdiri dari banyak jenis, tergantung dari channel media yang digunakan.

Ketika kita menggunakan media sosial, maka jenis digital marketing yang kita jalankan adalah social media marketing.

Ketika kita menggunakan website, maka jenis digital marketing yang dijalankan bisa berupa SEO marketing, SEM (Search Engine Marketing), atau Pay Per Click Marketing.

Baca Juga: 5 Strategi Digital Marketing dengan Budget Minim, Cocok untuk Bisnis Pemula


Semua jenis daripada strategi digital marketing ini, memiliki proses dan metriknya tersendiri. Memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing.

Sebagai seorang pebisnis, kamu tentu harus bisa memilih strategi digital marketing yang cocok, yang itu relevan dan dapat membantu bisnis mencapai visi utamanya.

Tentu saja proses penentuan strategi digital marketing terpilih bukanlah hal yang mudah. Diperlukan proses riset yang mendalam. Kamu perlu mencari banyak referensi terlebih dahulu.


5 Artikel yang Bakal Mencuri Perhatian Marketers di Tahun 2025

Nah, 5 strategi digital marketing yang banyak mencuri perhatian marketers di tahun 2025.

Barangkali 5 strategi digital marketing ini, dapat kamu jadikan sebagai acuan. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.

1. SEO Marketing

Strategi digital marketing pertama, yang banyak mencuri perhatian dari marketers adalah SEO marketing. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas, halaman pertama Google.

Strategi ini, mendapatkan banyak perhatian dari marketers karena mampu membantu mereka dapatkan return on investment maksimal dengan biaya yang minimal.

Memang, untuk bisa mendapatkan manfaat SEO secara maksimal diperlukan effort yang tidak sedikit.

Tapi, itu sebanding dengan apa yang pebisnis dapatkan. Didapatkan dari data hasil survei 11.093 marketers yang dilakukan oleh Neil Patel, sebanyak 44% marketers mengaku ingin menaikan budget SEO nya di tahun ini.

Hanya 17% marketers yang mengaku ingin mengurangi budget kampanye SEO mereka. Sisanya, memilih untuk menggunakan anggaran budget yang sama.
 

2. Content Marketing

Selanjutnya ada Content Marketing. Sesuai dengan namanya, Content Marketing adalah jenis pemasaran digital yang memanfaatkan konten sebagai poros utamanya.

Strategi ini, memiliki 2 poin penting di dalamnya, yakni Content Pillar dan juga Content Distribution.

Dari sekian banyak jenis content marketing yang ada, media podcast dianggap sebagai media pemasaran yang paling efektif di era digital saat ini.

Didapatkan juga dari survei Neil Patel sebelumnya, 63% marketers mengaku ini menaikan budget content marketing-nya.
 

3. AI Marketing

Siapa yang di tahun 2025 ini, tidak pernah melihat konten hasil generate AI?. Jawabannya mungkin tidak ada.

Ya, AI atau Artificial Intelligence adalah konsep teknologi canggih yang pertama kali diperkenalkan oleh John McCarthy di tahun 1950-an.

Konsep teknologi ini dihadirkan untuk dapat melengkapi fungsi kognitif manusia, terutama dalam menghitung dan juga melakukan pekerjaan berulang yang terbatas.

Seiring perkembangan zaman, konsep AI kian meluas dan bahkan dapat menyentuh ranah "kreatif". AI sekarang juga telah merambat ke ranah teknologi informasi, kita dapat melihat contoh nyatanya melalui Chat GPT.

Masih dari survei yang dilakukan oleh Neil Patel, sebanyak 97% marketers sepakat untuk menaikkan anggaran AI marketing mereka di tahun ini.