Strategi Digital Marketing yang Cocok untuk Bisnis Kecil (Sumber gambar: Freepik.com)
Like
Ketika menjalankan bisnis, maka wajar jika kita ingin mendapatkan untung yang besar dari modal yang kecil.
Siapa pun pebisnisnya, pasti berpikir seperti ini, tidak terkecuali dengan pebisnis kecil yang memang belum memiliki kekuatan finansial yang memadai untuk melakukan strategi marketing jor-joran.
Tapi, apakah ada strategi marketing yang bersahabat untuk mereka-mereka yang menjalankan bisnis skala kecil?. Tentu saja ada.
Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Jika First Impression Gagal
Kita bisa mengandalkan strategi digital marketing. Sesuai dengan namanya, digital marketing adalah teknik pemasaran yang memanfaatkan elemen digital di dalamnya sebagai perantara pesan promosi bisnis.
Digital marketing sendiri, terdiri dari banyak jenis. Di dalam artikel ini, mimin akan menjelaskan tentang 5 strategi digital marketing yang sekiranya cocok diterapkan oleh bisnis kecil.
Strategi Digital Marketing dengan Budget Minim
5 strategi digital marketing ini, tidak memerlukan biaya operasional bisnis yang begitu besar. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
1. SEO (Search Engine Optimization)
SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google.
Ilmu optimasi website ini, dijalankan pada keyword tertentu yang menjadi target utama. Di dalamnya, kita akan mempelajari banyak metode penting, 4 di antaranya adalah On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO, dan juga Technical SEO.
Keempat metode ini, harus dapat Anda pahami dan jalankan bersamaan secara maksimal. Selain itu, Anda juga harus dapat memastikan jalannya keempat metode tersebut, sesuai dengan algoritma terbaru dari Google, search engine terpopuler di dunia.
Lantas, berapakah modal untuk menjalankan SEO website ini?.
Jika ditanya soal modal bisnis, maka modal pasti yang mesti Anda keluarkan adalah biaya sewa domain dan hosting untuk website.
Biaya yang dikeluarkan untuk sewa domain dan hosting ini, jelas lebih murah jika dibandingkan dengan biaya untuk Anda menjalankan iklan digital, seperti menggunakan Google Ads.
Jika modal utama ini sudah didapatkan, Anda bisa langsung beralih mempersiapkan modal lainnya. Yakni modal dedikasi & komitmen tinggi untuk terus menjalankan SEO secara konsisten.
Dapat dikatakan bahwa inilah modal yang paling sulit untuk Anda ketika menjalankan SEO. Tapi, ketika Anda berhasil menjalaninya dengan tekun, berjuta-juta manfaat SEO akan datang menghampiri.
Adapun salah satu di antara sekian banyak manfaat SEO ini adalah, website yang mampu mendapatkan perkembangan metrik traffic yang signifikan.
2. Content Marketing
Strategi digital marketing kedua yang cocok diterapkan untuk bisnis kecil adalah Content Marketing. Sesuai dengan namanya, content marketing adalah teknik pemasaran yang memanfaatkan konten digital sebagai poros utama untuk media promosinya.
Content marketing ini, terdiri dari 2 bagian penting. 2 bagian penting tersebut adalah Content Pillar dan juga Content Distribution.
Adapun konten-konten digital yang bisa Anda produksi di sini, dapat meliputi 5 elemen multimedia dasar.
Dimulai dari teks (artikel, copy release, dll), audio (podcast, lagu, musik promosi, dll), gambar (desain grafis), video (video marketing), animasi (motion graphic, animasi marketing, dll).
Konten pilar ini kemudian dapat Anda distribusikan pada platform atau channel marketing yang relevan. Semisal Anda sudah membuat video marketing tersendiri, maka Anda bisa mengandalkan YouTube sebagai media distribusinya.
Tulis Komentar
Anda harus Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.