Be-emers, masih ingat Kak Jennifer? Beliau adalah Founder Mr. Generie dan Botanics Food, yang menjalankan dua bisnis dengan bidang berbeda—kerajinan tangan dan FnB (Food & Beverage).
Namun, yang menarik di sini adalah keduanya sama-sama sukses di bawah satu kendali yang sama yaitu Kak Jenifer.
Lantas, apa sih strategi bisnis yang diterapkan? Yuk, kita ulik bersama mengenai strategi gurita bisnis ala Kak Jennifer!
Pengertian Gurita Bisnis
Be-emers, tentu tahu bukan seperti apa itu gurita. Benar hewan laut yang memiliki banyak tentakel. Seperti halnya gurita yang mempunyai lebih dari satu tentakel tersebut, demikian juga dengan bisnis. Sehingga kemudian bisnis tersebut digambarkan seperti gurita atau gurita bisnis.
Jadi gurita bisnis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bisnis yang memiliki banyak cabang, baik dalam bentuk anak perusahaan maupun sektor usaha yang berbeda, tetapi masih dalam satu kendali individu atau entitas.
Girita bisnis sangat memungkinkan seseorang atau enterpreneur memperluas jangkauan dengan berbagai bidang industri untuk mendapatkan keuntungan maksimal.
Strategi ini juga telah diterapkan oleh Kak Jenifer, yang mengelola dan menjadi founder dari Mr. Generie dan Botanics Food, yang mana keduanya berkembang pesat di bidangnya masing-masing.
Mengenal Mr. Generie dan Botanics Food
Sebelum membahas lebih jauh mengenai strategi gurita bisnis ala kak Jenifer. Kita terlebih dahulu berkenalan dengan kedua bisnis milik Kak Jennifer, yaitu Mr. Generie dan Botanics Food.
Mr. Generie
Mr. Generie merupakan brand kerajinan tangan lokal yang memproduksi tutup botol, rajutan, dan bottle charm. Produk-produk ini mengusung konsep handmade dan menggunakan material ramah lingkungan.
Botanics Food
Sementara Botanics Food adalah perusahaan yang memproduksi makanan dan bahan-bahan sehat dengan menggunakan 100% produk lokal.
Mulai dari perkebunan, bahan baku, hingga tenaga kerja. Sesuai dengan tagline-nya, perusahaan itu sendiri yaitu "Pilihan Sehat, Karya Anak Bangsa."
Sekilas kita melihat kedua perusahan ini memiliki bidang usaha yang berbeda. Mr. Generie membuat produk kerajinan tangan dang Botanics Food memproduksi makanan dan minuman sehat.
Meskipun demikian kedua bisnis ini memiliki target pasar yang mirip, yaitu konsumen yang peduli terhadap produk lokal dan keberlanjutan.
Hal tersebut sangat memungkinkan jika Kak Jennifer ingin menerapkan strategi pemasaran yang saling mendukung kedua perusahaan atau brand tersebut.
Misalnya, membuat event bazar atau kampanye digital, Kak Jennifer bisa mempromosikan kedua brand secara bersamaan, yaitu mempromosikan Mr. Generie dan Botanics Food. Hat ini tentu saja dapat memperluas jangkauan pasar dan meminimalisir pengeluaran.
Tulis Komentar
Anda harus Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.