Hadapi New Normal, Ubah Gaya Hidupmu Jadi Lebih Sehat

sumber: freepik,com

sumber: freepik,com

Like

Semenjak pandemi melanda, banyak masyarakat yang mulai memperhatikan gaya hidupnya. Hal ini berdasarkan banyaknya pendapat yang menyatakan bahwa maraknya kasus covid-19 tidak hanya karena virus corona yang menyebar cepat dan mematikan, tapi juga kesadaran masyarakat akan gaya hidupnya.

Kesadaran akan pencegahan terkenanya virus corona ternyata bisa dilakukan sejak dini, yaitu bisa dimulai dari diri sendiri. Salah satu bentuk kesadaran dapat dilakukan melalui penerapan dan penggalakkan gaya hidup yang lebih sehat.

Gaya hidup sehat bisa menjadi salah satu cara termudah untuk melakukan pencegahan awal. Apalagi semenjak keadaan new normal berlangsung, tentu kamu pun merasakan adanya perubahan-perubahan pola gaya hidup di masyarakat.

Dilansir dari CNN Indonesia, ada beberapa kebiasaan untuk penerapan gaya hidup sehat yang bisa kamu perhatikan dalam menghadapi new normal.
 

Selalu memakai masker.

Masker sudah menjadi benda yang wajib kamu pakai di manapun ketika melakjukan aktivitas di luar. Bahkan ketika hendak pergi tak jauh dari rumah, pemakaian masker tetap penting karena untuk mencegah dari tertularnya atau mungkin kamu juga menularkan droplet.

Selain itu, penting juga untuk selalu sedia masker cadangan. Mengingat pemakaian masker yang baik hanya dipakai selama 4 jam. Jika kamu akan lama berpergian atau bekerja di luar, selalu sedia cadangan masker yang banyak, ya.

 

Rajin mencuci tangan.

Pembiasaan untuk selalu mencuci tangan ketika memegang suatu barang harus diterapkan. Kebersihan tangan menjadi hal yang paling harus diperhatikan karena mengingat selama beraktivitas pasti kita memegang atau menyentuh banyak hal

Semenjak corona melanda, bisa kita lihat mulai banyaknya tempat pencucian tangan atau cairan pembersih tangan yang disediakan di tempat-tempat kermaian. Masyarakat pun menjadi semakin sadar bahwa pentingnya untuk selalu menjaga kebersihan agar tidak tertular maupun menularkan.
 

Sering meminum air putih.

Peningkatan konsumsi air putih ternyata terjadi semenjak awal pandemi. Hal ini diungkapkan oleh dokter Sandi Perutama Gani, Medical Expert Combiphar. Sebanyak 55 persen orang menjadi lebih sering mengosumsi air putih dan menjadi konsisten rutin meminumnya.
 

Banyak mengosumsi sayur dan buah.

Konsumsi masyarakat terhada sayur dan buah semenjak corona semakin banyak. Dengan mengonsumsi buah dan sayur maka daya tahan tubuh turut menngkat.

Konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C sepeti papaya jeruk, jambu biji dan yang mengandung vitamin E seperti tauge, wortel, bayam bisa menjadi pilihan yang baik.
 

Rutin berolahraga.

Jika diperhatikan, masyarakat akhir-akhir ini mulai mengalami tren bersepedah dan berolahraga di rumah. Aktivitas berolahraga udah mulai menjadi bagian masyarakat untuk mengisi waktu luang dan juga mencegah dari kepenatan selama pandemi.

Olahraga menjadi hiburan terbaik yang juga akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh jika terus dilakukan secara konsisten.

Beberapa gaya hidup sehat di atas yang mulai marak diterapkan masyarakat semenjak new normal ini jika terus dilakukan tentu akan memberikan dampak yang baik bagi diri kita. Penting dari dalam diri sendiri untuk terus bisa konsisten, karena manfaatnya bisa jkita rasakan untuk jangka panjang, tidak hanya untuk saat ini.