Personal Branding: Pentingnya dan 5 Cara Membangun untuk Pelaku UMKM

Persona brand Satinese (Sumber gambar: Pribadi)

Persona brand Satinese (Sumber gambar: Pribadi)


Media sosial sekarang sudah menjadi faktor penting dalam membranding suatu produk ataupun jasa. Bukan hanya apa yang mereka jual.

Tapi tentang bagaimana brand tersebut menggambarkan identitasnya.  Pasti Be-emers juga sering lihat kan...

Banyak brand yang tampilannya estetik tapi tetap menggambarkan ciri khas brand. Nah, itu bukan sekadar soal estetik atau FOMO aja. Melainkan strategi membangun persona nih, Be-emers.

Baca Juga: 3 Tips Tampil di Internasional Fashion Show ala Satinese


Pentingnya Personal Branding untuk Produk Kamu

Personal branding itu ternyata sebenarnya punya pengaruh besar terhadap bagaimana audiens menilai dan mengingat sebuah produk.

Salah satu contoh yang berhasil menunjukkan kekuatan persona brand di media sosial Instagram adalah brand fashion dari Satinese.


Dengan gaya visual elegan, narasi yang lembut, dan karakter brand yang konsisten Satinese berhasil membangun ruang pesonanya sendiri.
 

5 Tips Membangun Personal Branding 

Supaya makin paham kenapa hal ini relevan, yuk Be-emers kita mulai dari dasar dulu untuk membangun persona brand buat pelaku usaha saat ini?
 

1. Menampilkan Aktivitas Brand Secara Strategis

Salah satu kekuatan utama media sosial Satinese adalah kemampuannya menampilkan perjalanan brand secara menyeluruh.

Konten mereka tidak hanya berfokus terhadap produk yang dijual, tetapi juga mencakup berbagai kegiatan. 

Kegiatannya pun beragam, Be-emers!

Mulai dari ikut berpartisipasi di fashion show internasional hingga keikutsertaan dalam event komunitas.

Penyajian aktivitas ini menciptakan citra brand yang aktif, berdaya saing, dan terus berkembang menyesuaikan kebutuhan dan trend. 

Audiens pun dapat melihat kredibilitas dan komitmen Satinese dalam memperluas jaringan dan meningkatkan kualitas brand.
 

2. Konsistensi Visual yang Mencerminkan Identitas Luxury

Be-emers, sebagai brand fashion, Satinese menghadirkan tampilan visual media sosial yang konsisten, clean, dan elegan.

Visual ini selaras dengan identitas brand yang mengedepankan kemewahan dan estetika satin.

Tone warna, gaya fotografi, hingga tata letak konten ditata sedemikian rupa untuk menciptakan kesan luxury brand.

Konsistensi ini membuat konsumen langsung mengenali karakter Satinese hanya dari visualnya di media sosial saja nih, Be-emers!

Selain memperkuat branding, pendekatan ini juga meningkatkan kepercayaan konsumen karena menunjukkan profesionalisme dan perhatian terhadap detail.

Baca Juga: 5 Langkah Menemukan Unique Selling Point dalam Bisnis ala Satinese yang Bisa Kamu Terapkan!