Seni Memiliki Problem Solving Agar Semakin Profesional

Problem solving adalah (Sumber: Pixabay.com)

Problem solving adalah (Sumber: Pixabay.com)

Like

Problem solving adalah senin memecahkan masalah dari waktu ke waktu yang selalu dibutuhkan, ini proses strategis yang terjadi. Masalah selalu saja dapat terjadi, baik itu di lingkungan keluarga, pertemanan, sekolah, termasuk juga di tempat kerja. Masalah tersebut hadir tanpa diduga dan memiliki bentuk yang beragam serta berbeda-beda.

Pada saat yang sama, pekerja atau karyawan diharapkan mampu menyelesaikan dengan baik masalah yang ada. Namun, tidak semua orang memiliki skill problem solving yang baik. Problem solving adalah kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah.

Kemampuan untuk menyelesaikan masalah bertujuan untuk mendapatkan solusi terbaik serta meminimalisir risiko yang dapat terjadi. Terdapat beberapa pendekatan yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan sebuah masalah. Simak ulasannya berikut.


Identifikasi Masalah

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam menerapkan problem solving, yaitu mencari tahu serta memahami dengan jelas masalah yang sebenarnya terjadi. Kamu perlu melihat dari berbagai sudut pandang karyawan atau pekerja yang lainnya.

Melihat dari sudut pandang orang lain ini sangat penting, sehingga nantinya keputusan yang kamu ambil bisa bersifat objektif. Dan tidak memberatkan atau menguntungkan salah satu pihak saja. Kamu perlu menganalisa dengan baik latar belakang penyebab masalah.

Pasalnya, terdapat banyak sekali hal yang bisa menjadi pemicu dan mempengaruhi sebuah masalah yang timbul. Jika terdapat lebih dari satu masalah, maka cobalah untuk menguraikannya dan menyelesaikannya satu persatu.



Mengembangkan Solusi

Setelah mengetahui sumber dari masalah, maka hal yang perlu diterapkan dalam problem solving adalah mengembangkan berbagai alternatif solusi yang ada. Dalam melakukan hal ini, kamu sangat perlu kreativitas dan masukan dari berbagai pihak.

Tanyakan kepada semua pihak yang terlibat, apa keluhan serta harapan yang mereka miliki. Setelah mengetahui keinginan dan harapan dari semua pihak yang bersangkutan, maka kamu baru bisa mengembangkan banyak solusi untuk sebuah permasalahan.

Baca juga: Apa Fungsi Otak Kanan? Yuk, Cari Tahu Seberapa Kreatif Kamu


Memilih Solusi Terbaik

Lakukan metode brainstorming dengan rekan kerjamu yang lain, yang sekiranya lebih berkompeten di bidangnya untuk membantumu menemukan solusi yang paling tepat. Karena itulah beberapa alternatif sebelumnya perlu dilakukan.

Sehingga kamu bisa bertukar pikiran dengan rekan kerja untuk mempertimbangkan solusi mana yang penerapannya bisa memungkinkan. Dan tidak akan menimbulkan masalah lainnya yang mungkin saja bisa lebih besar dari masalah pertama.

Evaluasi

Tujuan dari problem solving adalah menerapkan solusi terbaik untuk sebuah permasalahan. Jadi setelah menentukan salah satu opsi terbaik untuk menyelesaikan masalah, maka kamu perlu menerapkan solusi tersebut dengan baik.

Setelah solusi diterapkan, evaluasi kelebihan serta kekurangan yang terjadi. Perlu sekali untuk melakukan evaluasi jangka panjang, agar hasilnya lebih akurat. Sehingga jika kemudian hari muncul masalah serupa, kamu bisa menyelesaikannya dengan lebih baik.


Dokumentasi

Dokumentasi cukup penting untuk dilakukan, agar kamu bisa mengetahui detail serta implikasinya jika diterapkan. Apabila kamu menemukan sebuah solusi dari masalah, maka sebaiknya kamu mencatatnya juga daripada hanya mengucapkannya saja.

Karena ketika mencatat suatu hal maka kamu akan cenderung lebih mengingat dengan detail mengenai sesuatu hal. Termasuk juga solusi yang kamu dapat untuk menyelesaikan suatu permasalahan, juga akan kamu ingat lebih rinci.


Kesepakatan Bersama

Terdapat banyak hal yang mampu mengubah suatu kondisi, jadi sebaiknya buat kesepakatan bersama mengenai suatu hal yang harus dilakukan di masa depan. Lalu putuskan cara agar kamu bisa tetap memantau kondisi selanjutnya setelah solusi diterapkan.

Selain itu, sediakan juga waktu untuk mengevaluasi kesepakatan yang telah dibuat dengan penyesuaian yang ada. Usaha problem solving adalah proses yang cukup panjang, maka selesaikan secara perlahan agar hasilnya baik dan maksimal.

Skill problem solving ini sejatinya terdapat pada diri setiap individu, namun dengan kadar yang berbeda-beda. Sehingga kemampuan tersebut perlu untuk diasah agar menghasilkan solusi-solusi terbaik. Ingat, kuncinya adalah jangan panik saat menghadapi sebuah masalah.  

Simak juga: Gimana Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview?