Apa Fungsi Otak Kanan? Yuk, Cari Tahu Seberapa Kreatif Kamu

Fungsi Otak Kanan (Sumber: Pixabay.com)

Fungsi Otak Kanan (Sumber: Pixabay.com)

Like

Manusia memiliki organ dengan fungsi dan sistem kerja yang berbeda beda, begitu pula dengan otak. Otak membagi fungsinya menjadi dua, yaitu bagian kanan dan kiri. Keduanya memiliki keunikan sendiri serta  fungsi yang berbeda.

Oleh sebab itu, keseimbangan dua bagian tersebut perlu dilatih sejak dini. Fungsi otak kanan cenderung ke arah kreativitas, imajinasi, dan seni sehingga cocok untuk memproses suatu karya. Yuk intip ulasan lengkap otak bagian kanan di bawah ini!


Fungsi Dasar Otak Bagian Kanan

Otak dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian kanan dan kiri yang telah diberi tugas masing masing. Keduanya memiliki perbedaan dari segi bentuk dan fungsi, sehingga bisa diamati secara kasat mata. Akan tetapi, keduanya bersinergi sehingga tidak saling lepas.

Dikatakan tidak saling lepas, karena proses berpikir memerlukan kerja sama yang baik antara bagian kiri dan kanan. kamu tidak bisa mengandalkan salah satu bagian untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, sehingga tidak bisa memandang remeh bagian lainnya.

Tugas utama dari otak bagian kanan ini berhubungan dengan kreativitas dan ekspresi yang dilakukan oleh seorang manusia. Terdapat beberapa kemampuan paling vital bagian itu yang harus kamu ketahui, sehingga fungsi otak kanan bisa dioptimalkan.

Mulai dari musik, warna, mengekspresikan emosi, membaca emosi lawan bicara atau orang lain, intuisi mengenai suatu hal, imajinasi, dan kreativitas. Beberapa hal tersebut bisa diproses di otak bagian kanan, sehingga hasilkan pun lebih maksimal.


Kelebihan berpikir memakai otak bagian ini, kamu dapat memvisualkan suatu objek dengan sangat jelas. Hal tersebut tidak berlaku untuk objek yang dideskripsikan dalam bentuk kata kata, karena dominasi otak bagian kanan ini lebih mengarah pada gambar.

Lebih dari itu, seseorang yang berpikir dengan otak bagian kanan juga bisa berpikir lebih luas. kamu akan secara otomatis memiliki sudut pandang yang lebih luas daripada orang lain. Cara berpikirnya pun akan lebih bebas, sehingga masalah bisa diselesaikan lebih cepat.


Membantah Teori Lama

Banyak yang percaya penelitian lama bahwa manusia memiliki bagian otak yang lebih dominan. Fungsi otak kanan yang lebih dominan dipercaya dapat menyebabkan seseorang lebih kreatif daripada otak kiri. Hal ini penelitian lama yang telah terbantahkan. 

Penelitian baru telah menemukan fakta bahwa manusia memiliki dua bagian otak yang bekerja secara bersinergi. Keduanya memiliki aktivitas otak yang tidak jauh berbeda karena bergantung pada kegiatan yang dilakukan, sehingga pendapat itu sudah harus dilupakan. 

Menurut Kompas Lifestyle, bahwa sejatinya agar seseorang dapat berguna dari waktu ke waktu adalah dengan mengasah kreatifitas dengar tujuan yang tepat. Jika, dilihat hal ini menggabungkan kekuatan data bagian dari proses memprediksi lalu melakukan eksekusi dengan pola kreativitas agar mudah dikomunikasikan.

Mengapa demikian? Jika terlalu dominan otak kiri, seseorang cenderung kaku. Untuk diutuhkan proses sinkronisasi kedua bagian otak tersebut. Sehingga, stres dalam dunia pekerjaan atau studi yang ditekuni tidak menjadi rumit. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Stres dan Anxiety Karena Pekerjaan


Melatih Kedua Sisi Otak

Dominasi otak bagian kanan dan kiri telah dibantah, tetapi kedua bagian tersebut memang memiliki perbedaan fungsi. Fungsi keduanya bergantung pada aktivitas yang dilakukan dan cara stimulasi yang dilakukan. Hal ini bertujuan agar keduanya dapat berfungsi dengan baik.

Cara stimulasi ada beberapa poin, seperti membaca atau mendengar ide kreatif dari orang lain. Tips ini bisa dilakukan untuk menggali ide kreatif kamu sendiri atau mengkreasikannya dengan cara lain. Dengan begitu, kamu bisa lebih berkembang lebih positif.

Cara lainnya, bisa mencoba hal hal baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya seperti menggambar, belajar alat musik, dan lain lain. Dengan begitu, kemampuan otak bagian kanan akan lebih terasah dengan baik.

Selain menstimulasi otak, kamu juga bisa meningkatkan fungsi otak kanan dengan cara gaya hidup sehat. Mulai dari mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Lakukan pula olahraga secara rutin agar tubuh tetap bugar.

Kendali tubuh dan sistem saraf ada di satu titik, yaitu otak yang terdiri atas dua bagian. Fungsi keduanya cukup berbeda, tetapi tidak ada bagian yang lebih dominan. Cara untuk membuatnya bekerja dengan baik, yaitu gaya hidup sehat dan stimulasi kreativitas.

Nah, gimana temna-teman? Sudahkah kita mencoba untuk menyeimbangkan kedua bagian otak kita ini? Kalau selama ini kita meremehkan hal-hal seperti ini. Yuk, sekarang mulai perhatikan supaya kita bisa semakin produktif. 

Baca juga: Produktif di Masa Pandemi? Ini Inovasi Bisnis Setelah Corona!