Mau Asah Kemampuan Baru di 2021? Ini Sejumlah Platform yang Bisa Kamu Coba

Skill - Canva

Skill - Canva

Like

Tahun baru masih mau gitu-gitu aja, Be-emers?

Zona nyaman memang menyenangkan. Namun, kamu perlu menyadari kalau zona nyaman juga bisa membatasi kemampuan kamu lho.

Perlu langkah baru untuk bisa mengembangkan potensi diri kamu nih. Apalagi, setiap tahunnya, banyak sekali inovasi yang terus bermunculan sehingga persaingan pun semakin tinggi.

Meski pandemi masih menghantui kita, tapi itu bukan jadi alasan untuk membatasi perkembangan diri. Dilansir dari Bisnis, ini sejumlah platform yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengasah kemampuan baru di tahun 2021.


Duolingo

Platform ini merupakan wadah untuk belajar bahasa asing yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing, baik komunikasi lisan maupun tulisan. Terdapat 35 bahasa asing yang bisa dipelajari secara cuma-cuma lewat platform ini.

Belajar bahasa asing menggunakan Duolingo terbilang menyenangkan lantaran sifatnya interaktif, alih-alih satu arah seperti video pembelajaran yang selama ini lazim digunakan oleh sejumlah lembaga kursus bahasa asing. kamu diminta untuk menjawab sejumlah pertanyaan dalam berbagai format.

Serunya, lagi ada tingkatan pembelajaran yang seakan-akan menantang kamu untuk menyelesaikannya layaknya sebuah gim. Tentunya, hal tersebut makin membuat belajar bahasa asing menjadi aktivitas yang menyenangkan.


IndonesiaX
IndonesiaX sedikit berbeda dengan platform lainnya, karena platform tersebut lebih mirip kuliah umum di kampus yang digelar secara daring. Lewat IndonesiaX, kamu bisa menyimak pemaparan atau ceramah satu arah dari berbagai tokoh penting, baik akademik maupun praktisi di Tanah Air.

Semuanya bisa diakses secara cuma-cuma tanpa ada persyaratan khusus. Beberapa tokoh yang tercatat pernah memberikan kuliah umumnya di IndonesiaX adalah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Rhenald Kasali, dan Wakil Rektor Universitas Airlangga Djoko Santoso.


MiMo
Bagi kamu yang tertarik dengan dunia programming, platform yang satu ini bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan secara otodidak. MiMo menawarkan pelatihan beragam bahasa pemrograman seperti C, JavaScript, PHP, Phyton, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya memahami berbagai bahasa pemrograman saja, MiMo juga mengajak kamu untuk praktik langsung membuat situs web, aplikasi ponsel Android, atau membuat game ringan. Bahkan, platform tersebut juga memungkinkan kamu mengetahui celah-celah keamanan suatu sistem lewat praktik coding hacker lho!


TED Talk
Beda sama platform lain, TED Talk merupakan platform yang dibuat untuk membantu kamu mengupayakan pencarian penyelesaian dari suatu masalah atau brainstorming.

TED Talk adalah platform yang dikembangkan oleh organisasi non-profit TED untuk melahirkan tokoh-tokoh inspiratif baru dari berbagai bidang di seluruh dunia. Tokoh-tokoh inspiratif yang menginisiasi lahirnya TED atau sudah terlebih dahulu bergabung hadir dalam 3.300 acara yang bisa ditonton dari mana saja.

Tentunya, semua acara tersebut dibuat untuk membangkitkan rasa ingin tahu kamu akan berbagai hal baru!


Yummly
Platform yang satu ini cocok bagi kamu yang ingin belajar menjadi koki, memulai usaha kuliner, atau sekadar mengisi waktu di rumah lewat aktivitas memasak.

Berbeda dengan buku kumpulan resep masakan, Yummly enggak hanya menjelaskan bahan-bahan yang diperlukan serta langkah-langkah untuk membuat suatu hidangan. Platform ini dapat kamu gunakan untuk bereksperimen atau mencari ide resep baru berdasarkan bahan-bahan yang ada di dapur.


Bisnismuda.id
Memang, menulis itu butuh kemampuan khusus. Namun, hal itu bisa dilakukan sama semua orang kok!

Buat kamu yang mau mengasah kemampuan menulis artikel, tapi masih kurang percaya diri, paltform Bisnismuda.id bisa jadi solusinya nih.

Kamu bisa mulai melatih kemampuan menulis kamu dengan berbagai jenis artikel seperti keuangan, investasi, bisnis, gaya hidup, hingga entertainment. Tanpa biaya apapun, hasil karya kamu bisa dinikmati dan bermanfaat buat banyak orang deh.

Asyik kan? Makanya yuk, daftar dan mulai menulis sekarang di Bisnsimuda.id