Tren Bisnis Street Food ala Taiwan, Tertarik Coba?

Taiwan Street Food - Canva

Taiwan Street Food - Canva

Like

Selain lewat drama Meteor Garden, Taiwan juga terkenal dengan aneka street food-nya yang banyak digemari oleh masyarakat lho!

Di Taiwan sendiri, terdapat banyak pasar malam dan menjadi pusat kuliner pinggir jalan. Salah satu yang cukup terkenal yaitu Shilin Night Market.

Adapun, street food khas Taiwan paling diburu belakangan ini antara lain Boba Milk Tea (Bubble Tea), hingga ayam krispi yang dibumbui. Berbagai jajanan dari wilayah yang dijuluki “Naga Kecil Asia” itu kini juga sudah ramai dijual di Indonesia.

Kulo Group, yang terkenal dengan produk Kopi Kulo, diketahui dari laman Bisnis, rupanya juga mendiversifikasi bisnis ke street food Taiwan lho. Produk tersebut antara lain Xiboba Indonesia dan Xiji Streetsnack yang menjual Boba milk tea dan ayam krispi.

Baca Juga: Enggak Ada Matinya, Ini Alasan Bisnis Street Food Selalu Digemari
 

Tantangan dan Peluang

Sama halnya dengan pelaku bisnis lain, membuka bisnis bersamaan dengan pandemi bukanlah hal yang gampang.


Begitu juga yang dialami sama Kulo Group saat mulai membuka bisnis Xiji Streetsnack. Selain kompetisi antar brand, terdapat tantangan lain seperti waktu untuk mengelola menu agar sempurna, hingga daya beli konsumen turut berubah dari prospek awal.

Demi menyiasatinya, kemudian konsep outlet yang lebih mengutamakan pelayanan take away serta adaptasi bisnis lainnya untuk tetap bertahan bahkan ketika kondisi pasar sudah kembali normal.

Harga yang dijual pun lebih kompetitif, yakni dari Rp21.000 hingga Rp29.000. Dengan kata lain, pihak Kulo Group menyasar pasar kelas menengah dengan populasi yang terus berkembang.

Sesuai dengan namanya, konsep street food memang dijual sebagai camilan yang bisa dinikmati semua kalangan. Tentunya dengan harga yang bersahabat.

Selain itu, melakukan diversifikasi bisnis juga diperlukan lho. Sehingga, bisnis makanan yang kamu jalani bisa tetap bertahan, meski harus menghadapi masa sulit sekali pun.

Baca Juga: Makan Belut di Atas Peti, Bisnis Street Food Gak Akan Mati!