Selain Tauco, Ini 5 Makanan Yang Bisa Dinikmati Di Cianjur. Apa Saja sih Makanan Itu?

Tugu Tauco Cianjur (sumber gambar : instagram.com/hendimulyana_s)

Tugu Tauco Cianjur (sumber gambar : instagram.com/hendimulyana_s)

Like

Yang terlintas dan sudah menjadi khas dari Cianjur yakni tauconya, ketika kita bepergian dan melintas melalui wilayah Cianjur makanan ini selalu ada dan selalu ditawarkan oleh para pedagang, ataupun oleh-oleh yang selalu dibawa ketika pulang dari Cianjur.

Selain Tauco ada beberapa makanan yang bisa dinikmati di Cianjur,  rasanya bisa menjadi alternatif makanan dan mungkin oleh-oleh untuk Anda dan keluarga.

1. Manisan Cianjur
Sebetulnya makanan ini bisa dibilang sudah ada lama di Cianjur dan bisa menjadi alternatif oleh-oleh, cemilan yang terbuat dari buah-buahan ini memang rasanya segar apalagi di makan di siang hari makin menambah rasa segarnya.

Tidak susah untuk mencari makanan ini karena di sepanjang jalan Cianjur tepatnya di Cianjur kota akan menemukan banyaknya pedagang yang menjajakan makanan ini.

2. Nata de coco

Suhu udara di Cianjur terutama Cianjur kota memang sangat panas terutama pada saat siang hari, jajanan yang segar-segar tentulah sangat tepat untuk disajikan. Selain manisan, ada lagi makanan yang sangat segar untuk disantap yakni manisan air kelapa atau nata de coco.

Makanan ini memang dapat ditemukan bukan hanya di Cianjur ditempat lain akan ditemukan pula hanya yang menjadi khas adalah nata de coco yang airnya terbuat dari air gula merah, tidak seperti biasanya yang berwarna putih. Nata de coco ini rasanya memang segar dan berbeda apalagi sudah disimpan terlebih dahulu di lemari pendingin akan menambah rasa segarnya. 

3. Sate maranggi
Sate yang terbuat daging sapi yang sudah diberi bumbu kemudian dibakar memang banyak di jajakan di Cianjur sampai ke daerah Cipanas. Mereka menjajakannya dengan menggunakan gerobak atau berada dipelataran toko, rasanya memang nikmat terutama disajikan hangat langsung setelah dibakar, biasanya disantap menggunakan ketan bakar ataupun menggunakan nasi. 

Sate maranggi seperti inipun memang terdapat di beberapa daerah seperti di Purwakarta, tetapi Anda bisa mencoba rasa yang lain di tempat ini dengan suasana yang berbeda dan bisa menjadi referensi untuk teman dan keluarga. 

4. Bubur khas Cianjur
Tidak berbeda dengan bubur ayam yang lainnya yakni bubur dari beras kemudian ditambah taburan seledri, goreng bawang, cuiran ayam, kacang goreng, serta kecap asin, tetapi bubur khas cianjur adanya tambahan daun bawang yang sudah ditumis terlebih dahulu di tambahkan di bubur ya,. Ini menambah rasa berbeda dari bubur-bubur yang lainnya apalagi ditambah dengan ati ampela atau usus wah makin menambah rasa sedapnya.

Belum mencoba? Silahkan mampir ke Cianjur karena biasanya banyak pedagang yang berjualan dari pagi hingga sore hari, jadi Anda yang berniat mencicipinya tidak terlalu sulit mencarinya.

5. Mochi
Makanan ini sebetulnya banyak dikenal di Sukabumi, tetapi para pedagang di Cianjur banyak menjajakan makanan ini di daerah Cianjur, salah satu alasannya adalah Cianjur waktu itu sebagai tempat singgah sementara para wisatawan sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat wisata di Puncak atau sebaliknya ke arah Timur sebelum dibangun tol Cipularang. 

Makanan yang terbuat dari beras ketan ini begitu lembut karena proses pembuatan ya yang tumbuk menjadi terkenal di daerah Cianjur, dan sekarang sudah berbagai macam variannya bukan hanya isi kacang tetapi ada berbagai macam isian.

Ada beberapa yang sudah Anda cicipi atau mungkin sudah mencicipi semuanya? Nah bagi Anda yang belum maka silahkan mampir ke daerah Cianjur untuk mencoba mencicipinya, dijamin Anda puas.