Ini Influencer yang Bisnisnnya Sukses di Indonesia

Influencer - Canva

Influencer - Canva

Like

Pendapatan berlimpah dari kegiatan influencer rupanya belum cukup untuk beberapa influencer. Banyak influencer dan artis Indonesia yang membuka usaha dan bisnis. Jaman sekarang, influencer dan bisnis adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. 

Beberapa menganggap bahwa bisnis adalah investasi. Pekerjaan mereka sebagai influencer atau artis mungkin tidak akan selamanya bersinar, maka mereka memilih sumber penghasilan cadangan yang bisa mereka kembangkan setelah undur diri dari dunia hiburan sosial media. 

Beberapa bisnis influencer sukses besar hingga dikenal di Indonesia. Berikut adalah influencer dengan bisnis suksesnya.
 

Arief Muhammad

sumber : Instagram Ariefmuhammad

sumber : Instagram Ariefmuhammad


Siapa yang tak kenal Arief Muhammad? Ia dikenal dari Akun twitter @Poconggg dan sekarang aktif di youtibe dan instagram. influencer satu ini dikenal punya banyak sekali bisnis dan tidak jarang ia membagikan tips bisnis di akun instagramnya.

Macam-macam bisnis yang ia garap mulai dari makanan, pakaian, hingga marketplace dengan variasi segmentasi target pasar pula. 


Bisnis pertama yang paling dikenal netizan adalah Oppai Yakitori. Sate Jepang yang sempat ramai hingga buka ratusan franchise di beberapa kota di Indonesia, namun akhirnya harus gulung tikar. 

Bisnis Arief yang lain yang sukses adalah clothingline Billionaire’s Project, bisnis kue Cakekinian, toko smartphone Cuancuan, marketplace Grebe, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ia memiliki bisnis lain yang beberapa dijalankan bersama sang istri, Tiara Pangestika yaitu Mie Bangcad, Well Planned, Hello Nuku, Ternak Kosan, Baso Aci Akang dan bisnis yang paling baru adalah Preppstudio. Dengan bangga, ia mencantumkan semua akun bisnisnya di bio instagramnya.

 

Rachel Vennya

sumber : Instagram Rachelvennya

sumber : Instagram Rachelvennya


Ibu dua anak ini juga dikenal punya banyak bisnis. Selain dari endorsement, sumber panghasilan influencer yang akrab disapa buna ini punya berbagai macam usaha mulai dari clothingline, hingga kuliner. Ia juga sering bercerita di sosial media instagramnya tentang pengalamannya berbisnis sejak masih duduk di bangku sekolah.

Bisnis pertama yang pernah ia jalankan sebagai influencer adalah clothingline Ravenisodd. Menjual pakaian pakaian wanita dengan desain yang unik, Ravenisodd ramai peminat pada masanya. Namun sayangnya bisnis tersebut tidak terlalu aktif. Terakhir, brand tersebut menggelar pameran seni bertema kesehatan mental pada tahun 2019.

Bisnis kuliner yang paling laku dari Rachel Vennya adalah sate taichan goreng yang dirintis bersama sang mantan suami. Bisnis itu berhasil membuka banyak cabang di berbagai kota di Indonesia hingga sekarang.

Selain dua bisnis diatas, masih banyak lagi bisnis yang dijalankan Rachel Vennya seperti pakaian anak Mahika kids, bisnis kuliner seperti Rumah Sedep, Ngikan!, serta obat pelangsing Slim Beauty Product.

 

Lizzie Parra 

sumber: Instagram bylizzieparra

sumber: Instagram bylizzieparra


Pengguna Make Up pasti tahu produk lokal BLP. Produk ini adalah milik beauty vlogger Indonesia, Lizzie Parra. Lama bergelut di dunia kecantikan, membuat Lizzie akhirnya memutuskan untuk membuat produk kecantikannya sendiri. 

Selain dikenal dari blog dan video nya me-review produk kecantikan, ia juga berpengalaman sebagai marketing di high end beauty brand pada tahun 2011. Ia juga pernah menjadi Make Up Artist setelah resign dari kantor.

Berbekal dari pengalaman dan hobinya itu akhirnya membawa produk buatannya laris sebagai produk kecantikan berkelas. 

Memiliki banyak peminat, sistem penjualan online BLP bahkan sempat mengalami kendala saat rilis pertama kali. Namun influencer ini pantang menyerah dan akhirnya ambil alih menangani pembeli. Terus belajar dari kesalahan, kini website blpbeauty.com sudah bisa beroprasi dengan baik.

Produk yang di jual brand nya ada tiga kategori: In Your Eyes (untuk semua area mata: eyeshadow, eyeliner, eyebrow), On The Lips (untuk area bibir: Lip Coat, Lipstik), Face It (Untuk semua produk wajah).

 

Gofar Hilman 

sumber: instagram lawless_jkt

sumber: instagram lawless_jkt
 


Penyiar radio, MC, dan influencer Gofar Hilman dikenal juga sebagai pendiri Lawless bersama empat orang temannya. Toko yang menyediakan pakaian dan merchandise musik, studio tato, studio rekaman hingga yang terbaru adalah restoran burger yang dinamakan Lawless Burgerbar. 

Brand burger yang pertama kali dibuka di kemang ini dikenal hits di kalangan remaja daerah Jakarta Selatan. Bertema musik rock dan metal, brand ini terinspirasi atas kesukaan yang sama para pendirinya.

Bahkan nama burger, sandwich dan camilan di Lawless Burberbar memiliki nama unik yang terinspirasi dari nama band dan lirik lagu metal seperti Motley Burg, Amsaldan 666 dan The Great Southern Trendkill.

Inspiratif ya kisah mereka, kamu juga bisa ikuti jejak mereka, lho!