Selalu Terbelit Utang?

membebaskan diri dari berhutang

membebaskan diri dari berhutang

Like

Utang salah satu komponen yang mebuat seseorang gagal dalam mengatur keuangannya. Jika sudah begini, keuangan akan semakin terganggu dan merugikan diri sendiri. Utang akan mengganggu keuangan di masa yang akan datang.

Islam telah mengatur permasalahan utang. Hukum dalam islam adalah boleh (jaa-iz). Tetapi Islam juga mengatu adab dan aturan dalam berhutang.

Akan tetapi banyak orang yang menganggap remeh akan hal ini. Bahkan, ada yang merasa nyaman dengan berhutang dan ada yang tidak bisa lepas dari berhutang.

Gaya hidup sangat mempengaruhi keuangan seseorang. Jika gaya hidup sehat dan normal, maka kondisi keuangan akan sehat. Namun banyak orang yang tidak menyadari akan hal ini, sehingga timbul berbagai masalah keuangan.

Jika sudah memiliki utang di dalam keuangan, maka hal ini harus diatasi terlebih dahulu sehingga tidak mengganggu pos pengeluaran yang ada di dalam keuangan.


Langkah dalam menyelesaikan utang yakni:
 

Pendapatan lebih besar dari pengeluaran

Sebagian orang telah menghabiskan lebih banyak uang daripada menghasilkannya, di mana pengeluaran "lebih besar dari pendapatan. Besar pasak, daripada tiang”.  Barangkali kalian juga melakukan hal ini?

Sudah bisa dipastikan bahwa utang akan menumpuk. Tidak akan berkurang bahkan bisa jadi semakin lama semakin menggunung. Tinggalkan kebiasaan mengeluarkan pengeluaran untuk hal yang tidak penting, mulailah meningkatkan pendapatan sejak sekarang.

Hal yang paling mudah dilakukan yaitu dengan berhemat Sehingga pengeluaran lebih ramping dan dapat menyisihkan sebagian pendapatan untuk melunasi utang.

Segera melunasi utang. Walaupun tidak melunasi sekaligus, tetapi paling tidak anda bisa menyicil agar tidak mengalami keberatan dalam melunasi.
 
Milikilah komitmen yang kuat bahwa akan mengalokasikan uang untuk membayar utang saja, tidak untuk kebutuhan lainnya.
 

Bisa memulai memberikan prioritas pada utang yang lebih tinggi terlebih dahulu.

Meskipun dirasa sulit, namun nantinya akan berhasil melunasi utang yang tinggi dan biasanya akan merasa ringan untuk melunasi utang yang lainnya.

Usahakan tidak memiliki utang. Jika sudah terlanjur memiliki utang, maka segera untuk melunasi sejak sekarang. Jika benar-benar tidak mampu melunasi utang di waktu yang telah ditentukan, maka segeralah meminta maaf kepada orang yang menghutangi dan mintalah tenggang waktu untuk membayarnya.

Hidup hemat juga bisa membantu untuk bebas dari utang, dan kendalikan keuangan anda dengan baik.

 
“Memperlambat pembayaran hutang untuk orang yang mampu membayarnya adalah kezaliman.” (HR Al-Bukhaari no. 2288 dan Muslim no. 4002/1564)