Alasan Mobil Daihatsu dan Toyota Sering Banget Mirip

Sumber Gambar : Canva

Sumber Gambar : Canva

Like

Saat ini, pemilihan selera mobil tentunya menjadi pilihan yang sangat berat karena persaingan dari merek satu ke merek lainnya tentu membuat anda labil untuk mementukan.

Produk mobil yang ilengkapi dengan berbagai fitur dan harga yang beraneka ragam juga membuat anda lebih teliti untuk memilih dan memiliki mobil impian.

Sebelum anda memilih, tentunya anda mempelajari agar tidak menjadi penyesalan, yuk kita simak antara Daihatsu dan Toyota dalam dunia persaingan mobil!

Nah, sebelum Daihatsu menjadi keluarga besar Toyota, Daihatsu hadir dengan nama Hatsudoki Seizo Co pada 1907 dan didirikan di Jepang. Kemudian, berubah nama pada 1930 saat mereka mengeluarkan kendaraan roda tiga dan diesel yang diberi nama Daihatsu.

Sejak saat itu, perusahaan tersebut berubah nama menjadi Daihatsu Motor Co., Ltd.  Soalnya, Daihatsu yang mengeluarkan produk kendaraan roda 3 itu juga mengeluarkan mesin disel Daihatsu. 


Pada 1957, Daihatsu mengeluarkan truk roda 3 karena melihat peluang pasar mobil kecil. Pada 1959 Daihatsu juga melihat peluang mobil mini dan mengeskspor ke asia tenggara (Thailand).

Baca Juga: Heboh Kasus Toyota-Daihatsu, Ini yang Perlu Kamu Ketahui dan Perhatikan Soal Recall Mobil
 

Daihatsu Gabung dengan Toyota

Kemudian, pada 9 November 1967, pemerintah Jepang memutuskan untuk pembebasan kapital karena persaingan mobil jepang sangat ketat dan membuat Presiden Koishi menggabungkan Daihatsu dan Toyota motor group.

Di tahun 1998, Toyota berhasil mengakuisisi 51 persen saham Daihatsu untuk mengurangi persaingan terberat. Daihatsu pun hanya bisa bermain di segmen yang kecil dibanding Toyota.

Hingga akhirnya, Daihatsu dibuat untuk menjadi brand yang global dengan harga yang lebih terjangkau.

Toyota lebih fokus kepada teknologi ramah lingkungan, kenyamanan dan keselamatan sedangkan Daihatsu berfokus kepada efisiensi bahan bakar. Toyota adalah salah satu merek ter tua di jepang berasal dari Tokyo, yang didirikan oleh Kiichiro toyoda. Toyota dalam Bahasa jepang artinya keberuntungan. 

Tidak hanya Daihatsu saja yang menjadi anak perusahaan Toyota, anak perusahaan lain nya diantaranya adalah lexus, hino, scion. Scion adalah mobil sport produksi Toyota yang dipasarkan di amerika dan sudah di discontinue.
 

Produk Mobil Kembar Toyota dan Daihatsu

Mobil kembar dari Daihatsu dan Toyota sudah ada sejak 1969 yaitu Daihatsu Consorte dan Toyota Publica, ini adah mobil pertama yang kembar. Lalu 1970an ada juga Toyota Corolla dan Daihatsu Charmant.

2003-2004 munculah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Alasan memproduksi mobil kembar adalah agar biaya produksi nya menjadi lebih rendah, penyempurnaan teknologi dari masing-masing pabrikan untuk berbagi pasar. Toyota juga sengaja membuat fitur di produknya lebih tinggi dibandingkan Daihatsu. 

Berdasarkan hasil penjualan 2019-2020 pun lebih tinggi Avanza dibandingkan Xenia. Toyota lebih tinggi untuk segmen mobil Avanza Xenia. Untuk penjualan mobil city car Agya dan Ayla, ternyata Agya lebih unggul pada segmen mobil ini.

Wah, jadi kamu pilih mobil yang mana ya untuk jadi mobil impian kamu?

Tonton juga yuk videonya di sini!