HSBC Enggak Tertarik Trading Kripto, Kenapa Ya?

HSBC Enggak Tertarik Trading Kripto Illustration Bisnis Muda - Canva

HSBC Enggak Tertarik Trading Kripto Illustration Bisnis Muda - Canva

Like

Dunia kripto memang lagi menyita perhatian banget nih. Uniknya, ketika banyak orang melirik dan sibuk ngomongin kripto, HSBC Holding Plc malah enggak tertarik lho!

Dilansir Bloomberg, HSBC Holdings Plc enggak punya rencana buat memulai meja perdagangan cryptocurrency.

Bahkan, mengutip wawancara Chief Executive Officer Noel Quinn dengan Reuters, HSBC juga enggak tertarik untuk menjual mata uang digital sebagai investasi kepada pelanggannya.

Kira-kira kenapa ya HSBC memilih untuk enggak ikut euforia aset kripto?

Baca Juga: Bagi Sebagian Orang, Jatuhnya Harga Kripto Malah Jadi Peluang Baru Lho!
 

Volatilitas Kripto

Memang, banyak orang yang dikabarkan cuan dari aset kripto. Namun, Bank HSBC justru enggak suka aset kripto, kayak Bitcoin misalnya, karena volatilitasnya.


Quinn juga menyebutkan kalau HSBC juga memilih untuk enggak ikut mempromosikan kripto sebagai kelas aset dalam bisnis manajemen kekayaannya.
 

Tekanan dari Pemerintah China Terhadap Kripto

HSBC Holdings Plc merupakan salah satu grup perbankan terbesar di dunia yang bermarkas di London, Inggris. Meski begitu, dilihat dari sejarahnya, HSBC berasal dari The Hongkong & Shanghai Banking Corporation yang didirikan sejak 1865.

Nah, rupanya China juga menjadi bagian penting dari strategi poros HSBC ke Asia. Sayangnya, pemerintah China terus menekan mata uang kripto.

Diketahui dari Bloomberg, People’s Bank of China (PBOC) atau bank sentral China mengeluarkan peringatan baru bahwa mata uang virtual enggak bisa digunakan sebagai uang resmi.

Sementara itu, Beijing, yang mengembangkan yuan digital, sejak 2017 menghapus penawaran koin awal dan membatasi perdagangan mata uang virtual.

Di sisi lain, sebenarnya, HSBC memang sudah punya pandangan yang cukup konservatif terhadap aset kripto, terutama Bitcoin. Bahkan, CFO HSBC Ewen Stevenson pernah mengatakan, pihaknya tetap berhati-hati terhadap Bitcoin.

Meski begitu, pihak HSBC tetap terbuka untuk mata uang digital, terutama yang terkait dengan bank sentral. Adapun, pada tahun 2018 lalu, Bloomberg mencatat kalau CEO HSBC John Flint juga pernah mengatakan kalau pihaknya sangat skeptis sama aset kripto lho, Be-emers.

Kalau kamu sendiri, tertarik sama aset kripto enggak, Be-emers?