Pandemi dan Peran Ekonomi Digital

Ilustrasi belanja online dengan mudah dilakukan di rumah dan kapan pun (Sumber gambar: Freepik.com)

Ilustrasi belanja online dengan mudah dilakukan di rumah dan kapan pun (Sumber gambar: Freepik.com)

Pandemi sudah melanda di seluruh dunia, dalam hal ini khususnya Indonesia telah terdampak cukup berat. Pandemi Covid-19 yang telah melanda di Indonesia mengakibatkan seluruh aktivitas perekonomian menjadi terhambat.

Seluruh akses perekonomian terhambat dengan adanya pembatasan sosial pada masyarakat. Pembatasan inilah yang menurunkan tingkat mobilitas masyarakat dalam setiap kegiatan yang ada.

Pandemi covid-19 mengakibatkan peran digitalisasi yang semakin meningkat. Masyarakat dengan keterbatasan dalam melakukan kegiatan ekonomi salah satunya berbelanja, dapat dimudahkan dengan melakukan konsumsi yang dapat dilakukan di rumah dan kapanpun. Kemudahan akses internet dan digitalisasi berperan penting dalam memberikan kemudahan di setiap kegiatan ekonomi.

Disebutkan bahwa pelaku akses digitalisasi meningkat seiring dengan adanya pandemi yang terjadi. Perubahan adaptasi yang dilakukan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi. Seperti yang dilihat dalam dunia pendidikan dan pekerjaan, yang dapat dilakukan dari rumah atau biasa disebut dengan Work From Home (WFH). 

Hal ini terjadi dalam perekonomian, masyarakat mulai beralih dengan memanfaatkan platform, marketplace, hingga media sosial dalam berbelanja secara online. Kemudahan transaksi dalam kegiatan ekonomi yang dapat dilakukan di rumah tanpa perlu pergi ke luar dan barang dapat langsung terkirim di rumah.

Selain itu akses pembayaran yang dapat dilakukan melalui transaksi digital atau dengan pembayaran non-tunai baik melalui transfer maupun dengan uang digital. Sehingga masyarakat sangat dimudahkan dengan hal tersebut. Akan tetapi, kemudahan dalam berbelanja online selain memiliki kemudahan atau pun keuntungan dapat dirugikan dengan maraknya kejahatan yang melanda baik terkait dengan penipuan, pengambilan data pribadi dan lain sebagainya.

Masyarakat harus lebih cerdas dan berhati-hati dalam melakukan setiap transaksi atau kegiatan secara online. Pemahaman dan pengetahuan akan digitalisasi pada masyarakat harus lebih digiatkan untuk menurunkan tingkat kejahatan dalam dunia digital.

Meskipun hal tersebut dapat terjadi sewaktu-waktu dan mengintai setiap orang. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu cemas dengan hal tersebut.

Masyarakat dapat mempelajari semua hal yang dapat diakses oleh secara online. Tantangan dalam kejahatan cyber crime yang terjadi saat ini pada masyarakat menjadikan kekuatan dalam memanfaatkan peluang dengan baik terkait digitalisasi. 

Digitalisasi dapat dimanfaatkan untuk kemudahan dalam kegiatan ekonomi bagi masyarakat. Beberapa di antaranya dengan pemasaran produk secara online, investasi, peminjaman, produk dapat menyasar konsumen yang lebih luas lagi dan pastinya untuk menambah pemasukan nantinya.

Oleh karena itu digitalisasi haruslah didorong dengan adanya kemajuan kegiatan ekonomi bagi masyarakat. Peran digitalisasi menjadi langkah dalam kemajuan perekonomian di Indonesia nantinya.